sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
Sabtu, 01 Jun 2024 13:32 WIB

MediaTek kenalkan prosesor Kompanio 838 di Computex 2024

Pada acara Computex 2024, MediaTek memperkenalkan chipset Kompanio 838 untuk Chromebook. Chipset ini menggunakan proses 6nm dan menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan pendahulunya.

MediaTek kenalkan prosesor Kompanio 838 di Computex 2024

Pada acara Computex 2024, MediaTek memperkenalkan chipset Kompanio 838 untuk Chromebook. Chipset ini menggunakan proses 6nm dan menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan pendahulunya. Dengan CPU yang 66% lebih cepat dan GPU yang 76% lebih cepat, Kompanio 838 diklaim membawa pengalaman Chromebook yang unggul.

Dilansir dari Gizmochina (1/6), prosesor ini menawarkan kinerja luar biasa dan kemampuan multitasking yang superior. Dibandingkan dengan seri Kompanio 500 yang lebih rendah, chipset ini mengalami peningkatan bandwidth memori dua kali lipat, memberikan throughput data yang lebih tinggi untuk CPU octa-core yang diperbarui dengan prosesor Arm ‘big core’ yang lebih cepat dan mesin grafis tri-core yang sangat mumpuni.

Dukungan untuk DDR4 dan LPDDR4X memberikan fleksibilitas desain bagi produsen perangkat untuk memenuhi target biaya dan persyaratan kinerja pasar di berbagai perangkat baru. Arsitektur yang sangat terintegrasi juga memberikan efisiensi daya terbaik di kelasnya untuk daya tahan baterai sepanjang hari.

Kompanio 838 menawarkan hingga 76% peningkatan performa grafis dibandingkan dengan seri Kompanio 500. Prosesor ini menampilkan MediaTek Imagiq 7 series ISP pada sehingga meningkatkan kualitas HDR dan penangkapan cahaya rendah untuk kamera ganda di Chromebook. Hasilnya adalah foto dan video dengan warna yang lebih nyata, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang sulit.

Tidak ketinggalan pula dukungan layar ganda 4K, memungkinkan Chromebook premium dengan resolusi tertinggi yang juga dapat mengeluarkan output dengan resolusi yang sama ke TV pintar 4K atau monitor terhubung untuk presentasi, demonstrasi, atau produktivitas yang lebih luas.

Dengan kemampuan dekoding video AV1 yang terintegrasi, Kompanio 838 ideal untuk menonton streaming video 4K tanpa menguras baterai secara berlebihan.

Dukungan untuk chipset Wi-Fi 6 dan Wi-Fi 6E MediaTek Filogic memungkinkan konektivitas dual-band dan tri-band dengan kecepatan hingga 1,9Gbps serta keamanan yang ditingkatkan dengan WPA3. Prosesor 6nm yang sangat terintegrasi memberikan efisiensi daya terbaik di kelasnya, memungkinkan desainer Chromebook untuk menciptakan desain tanpa kipas yang memberikan daya tahan baterai sepanjang hari.

Dengan MediaTek Kompanio 838, Chromebook akan semakin bertenaga dan efisien, memungkinkan pengguna, guru, dan siswa untuk benar-benar mobile sepanjang hari. Inovasi ini akan membantu meningkatkan produktivitas, pembelajaran, dan kreativitas di dunia digital yang terus berkembang.

Share
×
tekid
back to top