sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id acer
Jumat, 08 Mar 2024 08:06 WIB

MediaTek jadi chipset ponsel populer 2023, ungguli Apple dan Qualcomm

MediaTek mengungguli Apple & Qualcomm menjadi vendor chipset smartphone terpopuler di tahun 2023. .

MediaTek jadi chipset ponsel populer 2023, ungguli Apple dan Qualcomm

MediaTek dinobatkan sebagai vendor chipset terpopuler di akhir tahun 2023. Perusahaan ini terkenal sebagai pembuat prosesor ponsel tercepat yang pernah diproduksi. MediaTek Dimensity 9300 dan penawaran MediaTek lainnya merupakan chipset dominan di pasar ponsel pintar saat ini.

Laporan baru dari Canalys menyoroti evolusi MediaTek sebagai vendor chipset pilihan pada tahun 2023. Laporan tersebut menyatakan bahwa MediaTek menjual 117 juta unit chipset pada kuartal keempat tahun 2023 dibandingkan dengan Apple 78 juta dan Qualcomm 69 juta.

Pemain besar lainnya di pasar chipset ponsel pintar adalah Google, Samsung, dan Unisoc. Pengiriman ponsel oleh MediaTek pada tahun ini juga tumbuh sebesar 21% year-on-year (YoY) menjadi $23 miliar. Namun, pendapatan pengiriman Apple sebesar $87 miliar melampaui MediaTek. Qualcomm juga mengungguli MediaTek dengan pengiriman senilai $30 miliar pada tahun 2023.

Dilansir dari Gizmochina (7/3), laporan Canalys menunjukkan pendapatan pengiriman chipset Qualcomm menyusut 2% dibandingkan tahun sebelumnya (2022). Pendapatan Samsung dari chip Exynos-nya menurun sebesar 44% dan tampak jelas bahwa Samsung bisa mendapatkan hasil yang lebih baik jika menggunakan chip dari merek lain selama Q4 2023.

Jumlah itu setara dengan sekitar 40% keuntungan Qualcomm dan 25% pendapatan MediaTek pada kuartal tersebut. Laporan ini juga menunjukkan bahwa Xiaomi merupakan pembeli utama chipset Qualcomm sebesar 25%. Xiaomi juga menyumbang sekitar 20% dari pengiriman chipset MediaTek pada Q4 2023 tetapi Samsung adalah pelanggan terbesar vendor tersebut.

Huawei memasuki pasar dengan sukses pada tahun 2023 menurut laporan Canalys. Perusahaan Tiongkok itu mencatat peningkatan 5,121% dengan pengiriman 7 juta unit dan pendapatan $7 miliar. Kebangkitan Huawei terutama didorong oleh prosesor Kirin yang baru. Perusahaan mapan lainnya dengan potensi peningkatan pertumbuhan adalah Unisoc. Pendapatannya tumbuh sebesar 24% YoY menjadi $3 miliar dan pengiriman sebanyak 27 juta unit.

Pelanggan utama Unisoc adalah merek Transsion, serta Realme dan Lenovo. Laporan tersebut mengindikasikan bahwa Google tampaknya berkinerja buruk dalam hal pengiriman Soc dengan pendapatan diperkirakan mencapai $2 miliar dan 3 juta unit dikapalkan. Hal ini mungkin tidak terlepas dari sifat chipset Tensor yang diproduksi khusus untuk ponsel Pixel.

Share
×
tekid
back to top