sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Senin, 26 Feb 2024 08:39 WIB

MediaTek dan Google siap optimalkan Gemini Nano di prosesor Dimensity 9300 dan Dimensity 8300

MediaTek, sebuah perusahaan semikonduktor terkemuka, telah mengumumkan kemitraan dengan Google untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan buatan (AI).

MediaTek dan Google siap optimalkan Gemini Nano di prosesor Dimensity 9300 dan Dimensity 8300

MediaTek, sebuah perusahaan semikonduktor terkemuka, telah mengumumkan kemitraan dengan Google untuk meningkatkan kemampuan kecerdasan buatan (AI) pada ponsel yang didukung oleh chipset Dimensity 9300 dan 8300.

Dilansir dari Gizmochina (26/2), kolaborasi ini berpusat pada pengoptimalan Gemini Nano dari Google, sebuah model bahasa besar (LLM) yang dirancang untuk penggunaan mobile, agar berfungsi lebih efisien pada prosesor MediaTek tersebut.

Ponsel pintar sering kali mengandalkan solusi berbasis cloud untuk tugas-tugas AI yang kompleks. Optimalisasi Gemini Nano untuk chipset Dimensity ini akan memungkinkan ponsel menangani lebih banyak pemrosesan AI langsung di perangkat.

Pendekatan ini menawarkan beberapa manfaat termasuk peningkatan privasi, peningkatan protokol keamanan, keandalan yang lebih baik, pengurangan latensi (waktu respons lebih cepat), dan kemampuan untuk berfungsi bahkan dengan konektivitas internet terbatas.

Saat ini, hanya ada segelintir ponsel yang dibekali prosesor MediaTek Dimensity 9300 dan Dimensity 8300. Yang pertama adalah SoC premium, jadi kita akan menemukannya di perangkat flagship. Sedangkan yang terakhir merupakan chipset tingkat mid-range/premium mid-ranger.

MediaTek dan Google juga akan merilis paket aplikasi (APK) yang berjalan pada Dimensity 8300 dan Dimensity 9300 untuk memperluas kompatibilitas dengan Gemini Nano. Hal ini akan memudahkan pengembang dan OEM untuk menyebarkan aplikasi Gemini Nano.

Kini setelah MediaTek bergabung dengan gerakan AI, fitur AI Google yang tangguh tidak lagi terbatas pada beberapa segmen tertentu yang didominasi oleh chip dari Qualcomm, Samsung, dan Google.

Selain itu, penekanan pada chipset Dimensity 8300 berarti bahwa perangkat kelas menengah yang lebih terjangkau akan segera dapat menikmati pengalaman AI yang canggih langsung di perangkat.

Gemini Nano sendiri adalah versi terkecil dan paling efisien dari model AI Gemini yang dibuat oleh Google. Gemini Nano dapat berjalan secara lokal di perangkat mobile, seperti Google Pixel 8, dan mendukung aplikasi AI yang membutuhkan pemrosesan cepat tanpa terhubung ke server eksternal.

Beberapa contoh aplikasi yang digerakkan oleh Gemini Nano adalah merangkum percakapan dalam aplikasi Recorder atau menyarankan balasan pesan di WhatsApp yang diketik dengan Google Gboard. Gemini Nano merupakan salah satu dari tiga ukuran model Gemini, yang lainnya adalah Gemini Pro dan Gemini Ultra, yang memiliki kemampuan yang lebih canggih dan kompleks

Share
×
tekid
back to top