Mate 30 meluncur 19 September, pakai Kirin 990

Presiden Huawei Consumer Business Software, Wang Chenglu menyebut bahwa Mate 30 akan meluncur pada 19 September mendatang.

Mate 30 meluncur 19 September, pakai Kirin 990 Mate 30 Pro (GSMArena)

Samsung baru saja memperkenalkan flagship terbaru mereka, Galaxy Note 10 beberapa waktu lalu. Seperti biasa, smartphone ini ditujukan untuk para power user yang menggunakan smartphone untuk melakukan pekerjaan.

Seakan tak ingin ketinggalan, Huawei sudah mempersiapkan smartphone power user terbaru mereka, yakni Mate 30. Kabarnya, mereka sudah siap untuk memperkenalkan smartphone ini di Eropa pada 19 September mendatang.


BACA JUGA

Mengenal HarmonyOS, juru selamat Huawei

Huawei Mate 30 bakal bawa dukungan video 4K 60fps

Begini penampakan terbaru Huawei Mate X


Kabar ini datang langsung dari Presiden Huawei Consumer Business Software, Wang Chenglu. Tentu saja, jika melihat sumber dari kabar tersebut, tanggal peluncuran tersebut dipastikan sangat akurat.

Yang menarik, GSM Arena (12/8/2019) menyebut, akan ada setidaknya dua hingga tiga varian dari keluarga tersebut. Kemungkinan besar, mereka akan meluncurkan Mate 30, Mate 30 Pro, dan Mate 30 Lite secara bersamaan.

Prosesor yang akan diusung oleh keluarga Mate 30 juga merupakan prosesor baru. Perusahaan asal Cina tersebut sudah mempersiapkan prosesor terbaru untuk dipasang di perangkat tersebut, yakni Kirin 990.

Wang mengatakan, prosesor ini masih menggunakan teknologi fabrikasi 7nm. Meski demikian, mereka telah menyempurnakan proses fabrikasi tersebut yang memiliki efisiensi yang lebih tinggi, yang mereka sebut sebagai 7nm +.

Mereka memilih menggunakan teknologi EUV 7nm milik TSMC. Dengan menggunakan teknologi tersebut, Wang menyebut prosesor Kirin 990 akan memiliki 20 persen kepadatan transistor, yang membuat prosesor tersebut lebih hemat daya jika dibandingkan dengan pendahulunya.

Kirin 990 juga diharapkan hadir dengan modem 5G mereka. Meski demikian, kabar mengenai kehadiran modem 5G di prosesor tersebut masih simpang siur, karena masih belum ada kabar yang memastikan Huawei sudah mempersiapkan kehadiran modem 5G.

Sebagai informasi, Mate 30 akan hadir dengan kombinasi kamera 40 MP + 40 MP dan 8 MP. Tak ketinggalan, perangkat tersebut akan dilengkapi dengan fitur fast-charging 55W dan reverse charging 10W. 

Soal layar, Huawei kemungkinan besar akan menggunakan panel AMOLED dengan ukuran layar 6,7 inci plus refresh rate 90Hz. Mereka juga akan menggunakan under display fingerprint di perangkat tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: