sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
Kamis, 09 Apr 2020 14:16 WIB

Liftoff: aplikasi sosial akan tetap populer tahun ini

Aplikasi sosial seperti Faceboook, Instagram, WhatsApp hingga Line diprediksi akan tetap populer tahun ini, diikuti fintech hingga aplikasi kesehatan.

Liftoff: aplikasi sosial akan tetap populer tahun ini
Source: Google

Aplikasi menjadi salah satu dukungan penting kala menggunakan perangkat elektronik seperti smartphone. Bagaimana tidak, tanpa dukungan aplikasi, sebuah smartphone tidak ubahnya perangkat untuk berkirim pesan dan telepon saja. Namun, dengan dukungan aplikasi, ada banyak hal yang bisa dilakukan smartphone

Indonesia sendiri pada tahun 2018 lalu memetakan pertumbuhan double digit sebesar 17,62% dalam pasar aplikasi digital untuk menjadi pasar dengan pertumbuhan yang cepat di dunia. Liftoff, menyebut bahwa secara global Indonesia menempati peringkat tinggi pada skala sosial dan sebagian besar aplikasi yang digunakan meliputi ecommerce, fintech, edtech dan medtechare. 

Tidak hanya itu, Shiraz Kabir, Head of APAC Sales Liftoff mengatakan bahwa tahun lalu, aplikasi pesan dan media sosial menjadi dua aplikasi mobile yang paling populer di Indonesia. Kemudian diikuti oleh aplikasi hiburan, peta lokasi dan permainan. Tahun ini, aplikasi interaksi sosial diprediksi juga akan tetap populer. 

“Masyarakat Indonesia pada dasarnya sangat menyukai interaksi sosial dan senang berkomunikasi melalui Facebook Messenger, WhatsApp dan Line, sehingga aplikasi sosial masih menjadi yang terpopuler tahun ini.” kata Shiraz Kabir. 

Ia juga menyebut beberapa area lain yang memiliki daya tarik kuat, seperti fintech, medtech, edtech dan OTT. 

Dalam laporan Liftoff Mobile Finance Apps Report tahun 2019, Indonesia tercatat memiliki pertumbuhan sebanyak 4x untuk unduhan aplikasi keuangan. Ini termasuk aplikasi digital finance hingga fintech lending, termasuk juga aplikasi investasi dan trading. Hal ini terjadi lantaran kehadiran super apps yang menggabungkan berbagai layanan ke dalam satu platform. Fintech diprediksi akan menjadi satu fokus bisnis tersendiri di Indonesia pada 2020 ini. Liftoff juga memperkirakan banyak pendanaan dengan nilai besar untuk perusahaan yang bergerak di bisnis ini. 

Selama masa pandemi, Liftoff juga mencatat aplikasi video call mengalami pertumbuhan yang cepat, di antaranya adalah Zoom dan Hangouts. Aplikasi-aplikasi ini mendapatkan keuntungan karena dapat memfasilitasi kolaborasi kerja dengan lebih baik dengan semakin maraknya orang yang bekerja secara remote selama masa pandemi. 

Sementara itu, ecommerce diprediksi juga akan semakin bersinar karena harga yang kompetitif. Beberapa di antaranya, seperti Shopee dan Lazada dilaporkan semakin banyak diunduh. 

Share
back to top