sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Selasa, 23 Mar 2021 12:03 WIB

Lensa khusus sensor lengkung Canon bisa tingkatkan performa gambar

Paten dari Canon tersebut menampilkan detail yang jelas. Mendeskripsikan setiap besaran aperture dengan sangat spesifik.

Lensa khusus sensor lengkung Canon bisa tingkatkan performa gambar
Source: PetaPixel

Canon telah mematenkan 10 lensa fixed (prima) berperforma cepat terbaru yang terdiri dari aneka focal length dari 50 mm hingga 130 mm. Lensa ini dirancang khusus untuk kamera yang menggunakan sensor lengkung. Dengan demikian, beberapa dari lensa ini diklaim sangat cepat.

Paten baru Canon mencakup serangkaian aperture cepat, setidaknya satu fitur aperture yang tampaknya lebih unggul berkat desain sensor melengkung. Lensa terbaru ini adalah 50mm f/1.2, 50mm f / 1.0 , 35mm f / 1.4, 35mm f / 1.0, 35mm f / 1.2, 65mm f / 1.2, 85mm f / 1.2, 85mm f / 1.0, 100mm f / 1.2, dan 130mm f / 1.2.

Dilansir dari PetaPixel (23/3), paten dari Canon tersebut menampilkan detail yang jelas. Mendeskripsikan setiap besaran aperture dengan sangat spesifik bersama dengan focal length, sudut pandang, tinggi gambar, dan panjang bodi lensa.

Canon mematenkan lensa ini dari perspektif masalah yang menginginkan lensa ringkas berperforma tinggi, tetapi juga menyediakan aperture besar. Sensor dan desain optik saat ini tidak dapat melakukan kombinasi tersebut, tetapi dengan mengintegrasikan sensor lengkung, perusahaan dapat memenuhi seluruh manfaat yang ada.

Sebagaimana dijelaskan dalam paten, sistem optik pencitraan saat ini menggunakan lensa dengan 13 lembar kaca atau lebih untuk mencapai nilai aperture lebih besar dari f/2.0. Masalahnya, meskipun secara teknis berfungsi, lensa menjadi semakin besar dan berat – terutama pada lensa telefoto.

Sensor melengkung memungkinkan perusahaan untuk menyederhanakan desain lensa karena sinar cahaya yang masuk ke lensa dan kemudian mengenai sensor memiliki jarak yang sama. Namun hal yang perlu diingat adalah lensa tersebut masih diproduksi untuk Canon sendiri, bukan untuk konsumen. Jadi masih perlu waktu lensa seperti ini hadir secara massal.

Share
×
tekid
back to top