Lenovo masih jadi produsen PC terbesar dunia

Menurut catatan Gartner, secara total produsen PC mengirimkan 67,2 juta unit pada kuartal ketiga 2018. 

Lenovo masih jadi produsen PC terbesar dunia (Foto: YourTechExplained)

Pengiriman PC tercatat meningkat 0,1 persen pada kuartal ketiga tahun ini. Menurut catatan perusahaan riset Gartner, secara total produsen PC mengirimkan 67,2 juta unit pada kuartal ketiga 2018. 

Penjualan PC sendiri memang tercatat statis setelah kuartal kedua dimana pengiriman membukukan peningakatan yang sederhana sebesar 1,4 persen dari kuartal pertama. Pencapaian itu bahkan tercatat dalam enam tahun terakhir.

Meski permintaan dari konsumen tetap lemah, penjualan bisnis yang kuat mampu menopang pasar secara keseluruhan. "Pasar PC terus didorong oleh permintaan PC perusahaan yang stabil, yang didorong oleh peningkatan hardware PC Windows 10," kata analis utama Gartner, Mikako Kitagawa dalam sebuah pernyataan.

"Kami berharap siklus peningkatan Windows 10 akan berlanjut hingga 2020, ketika permintaan untuk upgrade akan berkurang," ujarnya.

Dari sisi vendor, Lenovo mempertahankan posisinya dengan pangsa pasar 23,6 persen. Jumlah ini meningkat 21,4 persen pada kuartal yang sama di tahun sebelumnya. Di posisi kedua HP muncul dengan pangsa pasar 21,8 persen. Menyusul keduanya, Dell memperoleh pangsa pasar 16 persen.

Ketiga vendor PC itu tercatat mampu memperluas pangsa pasarnya. Berbeda dengan Apple dan Acer yang mencatatkan penurunan saham mereka di pasar PC. Dilansir Cnet, Kamis (11/10), Apple berada di posisi keempat dengan pangsa pasar 7,3 persen. Acer sendiri meraih posisi kelima dengan pangsa pasar 6,1 persen.

Berikut tabel pengiriman PC kuartal tiga di seluruh dunia berdasarkan riset Gartner:

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: