Leica edisi khusus sinematografi

Setiap kit hadir dengan lensa Leica Summicron-M 35 f/2 ASPH, electronic viewfinder Leica Visoflex, dan Leica M-PL Mount Adapter.

Leica edisi khusus sinematografi

Leica belum lama ini mengumumkan Leica M10-P “ASC 100 Edition”. Kamera ini merupakan tipe rangefinder M spesial yang dirancang untuk para sinematografer dan pembuat film. Dilansir dari PetaPixel (11/2), meski mirip dengan Leica M10-P dalam hal spesifikasi dan fitur, M10-P tipe baru ini dilengkapi dengan dua mode khusus Cine Look.

Mode ASC Cine Classic menerapkan tampilan klasik film 35mm. Sedangkan mode ASC Contemporary menawarkan tampilan film kontemporer bergaya digital.


BACA JUGA

GoPro Hero 8 bisa rekam video 4K 120fps

Paten baru Canon bisa fokus berdasarkan gerakan bola mata dan isi ulang nirkabel

Blackmagic punya kamera 6K khusus film


Aspect ratio yang digunakan dalam sinematografi juga dapat dipilih dalam sistem menu kamera. Setelah aktif, pengguna dapat melihat aspect ratio bergambar bingkai garis terang ketika pengguna melakukan komposisi di mode Live View.

Leica menyatakan kamera baru ini membuat para sinematografer dan sutradara bebas melihat dan mengakses skema lensa yang diinginkan sebelum memulai syuting film. M10-P ‘ASC 100 Edition’ didesain untuk merayakan peringatan 100 tahun American Society of Cinematographers. Ada logo ASC di bagain pelat atas kamera.

Setiap kit hadir dengan lensa Leica Summicron-M 35 f/2 ASPH, electronic viewfinder Leica Visoflex, dan Leica M-PL Mount Adapter. “Kombinasi penyertaan electronic viewfinder, M-PL Mount Adapter, preset Cine Look dan opri aspect ratio memungkinkan penggunaan kamera sebagai viewfinder para sutradara. Tentu menjadikannya praktis dan bermanfaat untuk para pembuat film. Bersamaan dengan aplikasi Leica Fotos, pemetaan lokasi dapat dibuat jauh lebih mudah karena hasilnya dapat dibagi dan didiskusikan langsung dengan orang-orang yang terlibat proyek film,”

Kamera ini berjenis mirrorless dengan sensor full-frame. Resolusi hasil foto yang dihasilkannya adalah 24 MP. Pengguna dapat memotret menggunakan ISO 100 hingga 50.000. Karena Leica M10-P Edition ‘Safari’ menggunakan sensor besar maka menjanjikan hasil foto tajam meski memotret di kondisi cahaya remang sembari menggunakan ISO tinggi. Layar LCD yang digunakannya berukuran 3 inci.

Sayangnya Leica belum mengumumkan berapa harga yang untuk meminang kamera tersebut. Tetapi yang pasti harganya tidak murah.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: