sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id oppo
Sabtu, 11 Jun 2022 13:25 WIB

Starlink masuk Indonesia, Kominfo: bukan untuk konsumen!

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menegaskan layanan ini bukan untuk konsumen melainkan penggunaan korporat untuk kebutuhan backhaul, dalam hal ini Telkomsat.

Starlink masuk Indonesia, Kominfo: bukan untuk konsumen!

Starlink, layanan internet berbasis satelit milik SpaceX Elon Musk mendapat lampu hijau di Indonesia. Ini berarti, layanan akan segera dapat beroperasi di tanah air, namun bukan untuk penggunaan pribadi atau konsumen melainkan untuk pengguna korporat.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, Hak Labuh Satelit Khusus Non Geostationer (NGSO) diberikan eksklusif kepada PT. Telkom Satelit (Telkomsat) sebagai pengguna korporat backhaul dalam penyelenggaraan jaringan tetap tertutup. Ini akan digunakan untuk hanya untuk kebutuhan backhaul Telkom Group.

“Kominfo memberikan Hak Labuh Satelit Khusus Non Geostationer kepada PT Telkom Satelit Indonesia (Telkomsat) sebagai pengguna korporat Backhaul dalam penyelenggaraan jaringan tetap tertutup satelit Starlink bukan untuk layanan retail pelanggan akses internet secara langsung oleh starlink.,” kata Menteri Johnny kepada Tek.id (11/6). 

Lebih lanjut, Johnny menjelaskan Starlink dapat beroperasi melalui Gateway station yang dibangun oleh Telkomsat. “Untuk itu, Telkomsat membangun Gateway Station - Teresterial Component untuk menerima layanan kapasitas satelit dari Starlink.”

Untuk diketahui, Asia Tenggara merupakan kawasan pengembangan yang disasar SpaceX selanjutnya. Beberapa waktu lalu, pemerintah Filipina dikabarkan memberikan izin kepada layanan Starlink. Hal ini juga dikonfirmasi oleh Musk melalui cuitan di Twitter-nya.

Kabar tentang resminya Starlink di Indonesia menyusul setelah Presiden RI Joko Widodo pada Mei lalu bertandang ke markas besar SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat dan bertemu Elon Musk.. Pertemuan tersebut membahas pabrik produksi SpaceX, sekaligus memastikan kehadiran Musk dalam G20 Indonesia pada November mendatang.

Share
×
tekid
back to top