sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Senin, 01 Mei 2023 14:08 WIB

Larangan ChatGPT di Italia akhirnya dicabut

Setelah menghadirkan rangkaian fitur privasi terkait keamanan riwayat obrolan dan verifikasi usia, larangan ChatGPT di Italia dicabut.

Larangan ChatGPT di Italia akhirnya dicabut
Source: Reuters

ChatGPT dari OpenAI kini kembali tersedia di Italia. Sebelumnya, chatbot AI itu dilarang untuk digunakan di negara tersebut karena masalah keamanan privasi. Otoritas perlindungan data Garante ingin OpenAI menyelesaikan beberapa masalah pada akhir bulan ini untuk mencabut larangan sementara pada chatbot. 

“ChatGPT tersedia lagi untuk pengguna kami di Italia,” kata OpenAI dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Engadget (1/5). "Kami sangat senang menyambut mereka kembali, dan kami tetap berdedikasi untuk melindungi privasi mereka.”

regulator Italia memblokir ChatGPT pada bulan Maret karena khawatir terhadap metode pelatihan AI dan diklaim melanggar Peraturan Perlindungan Data Umum (GDPR) Uni Eropa. Pejabat memerintahkan OpenAI untuk berhenti memproses informasi pribadi pengguna di negara itu sementara mereka mencari potensi adanya pelanggaran data.

Garante meminta OpenAI untuk memastikan ada pengungkapan privasi di situs web yang merinci bagaimana data dikumpulkan dan digunakan untuk melatih algoritme ChatGPT. Pengawas juga mengarahkan perusahaan untuk menawarkan formulir di mana pengguna UE dapat menolak data mereka digunakan untuk tujuan pelatihan dan menambahkan sistem verifikasi usia.

OpenAI pun menurut dan menambahkan kontrol privasi ke ChatGPT minggu ini. Pembaruan antara lain memungkinkan pengguna menonaktifkan riwayat obrolan mereka, yang menghentikan OpenAI menggunakan data itu untuk tujuan pelatihan. 

Berdasarkan laporan TechCrunch, pengguna di Italia sekarang akan melihat pop-up yang meminta mereka untuk mengonfirmasi bahwa mereka berusia minimal 18 tahun. Jika usia pengguna antara 13 hingga 17 tahun, mereka memerlukan izin orang tua atau wali untuk menggunakan ChatGPT.

Otoritas perlindungan data Italia "menyambut baik langkah-langkah yang diterapkan OpenAI." Meski demikian, mereka masih menunggu perusahaan untuk menindaklanjuti tuntutan lain yang telah dibuat oleh Garante.

"Ini berlaku khususnya untuk menerapkan sistem verifikasi usia dan merencanakan serta melakukan kampanye informasi untuk memberi tahu orang Italia tentang apa yang terjadi serta hak mereka untuk memilih keluar dari pemrosesan data pribadi mereka untuk algoritme pelatihan."

Share
×
tekid
back to top