Larangan AS ke Huawei berpotensi ditunda lagi

Kabar terbaru justru menyebutkan pemerintah AS akan memberikan perpanjangan waktu lagi untuk Huawei.

Tercatat sudah enam bulan sejak Huawei dilarang pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk membeli atau menjual komponen serta layanan dari perusahaan AS. Namun hingga saat ini larangan itu belum berlaku berkat penundaan yang diberikan pemerintah terkait.

Kabar terbaru justru menyebutkan pemerintah AS akan memberikan perpanjangan waktu atas penundaan larangan itu. Perpanjangan pertama yang berlaku Agustus lalu akan berakhir pada 19 November. Kini sebuah laporan dari Politico menyebutkan departemen perdagangan AS diharapkan untuk memberikan perpanjangan 6 bulan lagi ke Huawei.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Huawei kini jualan motherboard dan prosesor PC Desktop

PM Inggris ketahuan selfie pakai Huawei P20

Huawei Nova 6 5G punya skor kamera selfie terbaik versi DXOMark


Perpanjangan ini akan memungkinkan Huawei untuk terus mendukung smartphone dan perangkat eksisting lainnya dengan menggunakan komponen dari AS. Dengan demikian, perangkat eksisting Huawei saat ini masih berstatus aman hingga enam bulan lagi. Ini berlaku jika ekstensi itu benar-benar dilakukan.

Sayangnya sejauh ini pemerintah AS belum secara resmi mengumumkan apa pun terkait larangan Huawei. Jika memang diperpanjang lagi, AS akan mengumumkannya tepat sebelum perpanjangan sebelumnya berakhir beberapa hari lagi.

Meski berpeluang mendapat penangguhan hukuman selama 6 bulan lagi, Huawei masih tidak bisa menggunakan layanan Google Play. Oleh karenanya beberapa smartphone baru Huawei termasuk seri Mate 30 akan terus berjuang tanpa layanan Google.

Sebelumnya Menteri Peedagangan AS Wilbur Ross menyatakan pihaknya akan mulai memberikan lisensi kepada perusahaan AS untuk berdagang dengan Huawei. Namun belum ada kabar terbaru terkait pernyataan tersebut.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: