sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Minggu, 11 Des 2022 10:00 WIB

Laptop terbaik 2022 pilihan kami

Tek Awards masih tetap mengedepankan asas independen, tanpa intervensi dari pihak luar. Kami memilih produk terbaik berdasarkan hasil benchmark sintetis dan pengalaman penggunaan.

Laptop terbaik 2022 pilihan kami

Selama dua tahun terakhir ini, pandemi memaksa pengguna untuk membeli laptop atau PC untuk menunjang aktivitas mereka. Oleh karenanya, vendor laptop selama dua tahun terakhir ini meluncurkan berbagai macam varian laptop yang dapat dipilih oleh para pengguna.

Bukan hanya laptop untuk belajar dan bekerja saja, mengingat harga GPU yang melonjak drastis akibat Cryptocurrency, laptop gaming menjadi primadona. Dari puluhan laptop yang diluncurkan, tim Tek.id berkesempatan untuk mencoba beberapa diantaranya.

Sepanjang tahun ini, hingga November 2022, kami telah mengulas 16 laptop dari beberapa kategori, mulai dari laptop produktivitas, budget, hingga gaming. Kami membagi kategori ini sesuai dengan spesifikasi dan memilih yang terbaik berdasarkan pengalaman penggunaan (baik untuk beraktivitas dan gaming), benchmark, dan juga harga.

Untuk informasi bagi para pembaca, kami menegaskan bahwa Tek Awards sepenuhnya berlangsung independen, tanpa intervensi dan tanpa sponsor dari pihak mana pun.

Pengambilan keputusan berlangsung melalui pertimbangan panjang oleh tim redaksi Tek.id, dengan meminta pandangan tiap jurnalis kami. Dengan segala kelebihan dan kekurangan Tek Awards 2022, kami ingin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh vendor laptop atas kerjasamanya dengan Tek.id.

Semoga tahun 2023 kondisi dunia jauh membaik, bisnis kembali menggeliat, masyarakat sudah beraktivitas normal, dan tentu saja, kita bisa kembali bersua di berbagai acara tanpa rasa cemas. Berikut Laptop terbaik 2022 pilihan kami.

Best Gaming : MSI Stealth GS77

Laptop terbaik Tek Awards

Selama 2022 ini, berbagai vendor besar seperti ASUS, MSI, ACER, dan Lenovo telah meluncurkan belasan laptop gaming di Indonesia. Range harga yang ditawarkan pun cukup beragam, dimana memiliki harga mulai dari belasan juta hingga hampir ratusan juta rupiah.

Namun, kami memilih MSI Stealth GS77 menjadi pemenang di kategori yang satu ini. Ada beberapa alasan yang pada akhirnya kami memilih laptop yang satu ini, dengan alasan utama adalah price to value yang dimiliki oleh laptop ini.

Laptop ini hadir dengan prosesor terbaru Inte, yakni Core i9-12900H dimana memiliki performa yang dapat bersaing dengan prosesor desktop kelas atas. Tak ketinggalan, laptop ini memiliki GPU NVIDIA RTX 3080 Ti, RAM 64GB DDR5, serta SSD NVMe 1TB.

Hadir dengan layar IPS 17 inci UHD 240Hz, laptop ini menghadirkan pengalaman gaming yang sangat baik. Meski demikian, bobotnya yang ringan dan kompak membuat laptop ini masih dapat dengan nyaman dibawa kemanapun penggunanya pergi.

 

Best Budget Productivity : ASUS ROG Flow Z13

Laptop terbaik Tek Awards

Pemilihan ASUS ROG Flow Z13 sebagai pemenang di kategori Best Budget Productivity memang sedikit kontroversial. Soalnya, ASUS membranding laptop yang satu ini sebagai laptop gaming, bukan laptop produktivitas.

Tapi ada beberapa poin yang membuat kami mengkategorikan laptop yang satu ini sebagai laptop produktivitas. Salah satunya adalah dikarenakan perangkat yang satu ini dapat digunakan sebagai tablet.

Bagi sebagian orang, memiliki tablet berbasis Windows merupakan sebuah keuntungan, terutama bagi para konten kreator. Selain fleksibel, performa yang ditawarkan pun tidak tanggung-tanggung untuk harganya.

Selain itu, perangkat ini juga memiliki satu fitur yang membuat laptop ini dapat bertransformasi menjadi sebuah perangkat gaming/multimedia kelas atas karena hadir sebuah port khusus untuk disambungkan dengan GPU eksternal. Jadi perangkat ini dirasa cocok menyandang predikat tersebut.

 

Best Budget Mainstream : realme Book Prime

Laptop terbaik Tek Awards

Selama tahun ini, pemain di kategori laptop mainstream semakin ramai. Beberapa nama baru, seperti realme dan beberapa vendor lain mulai merambah lini bisnis yang memang cukup populer di Indonesia.

Namun, realme dengan Book Prime mereka berhasil menarik perhatian kami. Memiliki desain yang sangat cantik, performa yang tinggi, serta fitur yang lengkap menjadi pertimbangan kami memenangkan laptop yang satu ini.

Salah satu fitur yang paling menonjol adalah penggunaan layar IPS dengan resolusi 2K, dimana memiliki color gamut 100% sRGB. Baterai yang dapat bertahan hingga 12 jam dan pengisian daya cepat juga menjadi pertimbangan kami. Jadi, laptop ini dapat memuaskan kebutuhan pengguna dengan harga yang juga pastinya terjangkau.

Editor
Share
×
tekid
back to top