Lampu pintar Philips tawarkan kombinasi 16 juta warna

Lampu pintar Philips ini menggunakan jaringan nirkabel yang memungkinkan pengguna mengendalikan pencahayaan di berbagai ruangan dari jarak jauh.

Lampu pintar Philips tawarkan kombinasi 16 juta warna (Foto: Philips)

Philips Indonesia membawa produk baru yang pintar. Disebut Philips Hue, perangkat ini merupakan lampu pintar yang bisa menyala dalam berbagai warna. Pengguna juga bisa mengatur warna yang diinginkan ketika memakai Philips Hue.

Lampu pintar Philips ini menggunakan jaringan nirkabel yang memungkinkan pengguna terhubung, mengelola, dan mengendalikan suasana pencahayaan di berbagai ruangan dari jarak jauh. Pengguna bisa memanfaatkan smartphone untuk mengatur lampu pintar tersebut. Pencahayaan dari lampu itu juga bisa disesuaikan dengan perangkat lain seperti televisi, perangkat audio hingga gim. Dengan begitu, pengguna bisa mendapatkan suasana yang lebih seru saat menikmati konten.

Philips Hue hadir dalam tiga tipe lampu pintar dalam berbagai bentuk dan model. Hue Bulb E27 menjadi opsi lampu pintar yang mudah dikendalikan, sementara Hue Lightstrip menawarkan cahaya yang hangat putih sejuk guna menemani aktivitas pengguna. Ada juga Hue Go yang menawarkan pencahayaan lebih dramatis.

Philips Hue menawarkan 16 juta kombinasi warna yang bisa diatur menggunakan smartphone. Daya tahannya bisa bertahan hingga 20.000 jam lebih. Saat terhubung ke jaringan internet, lampu pintar Philips ini bisa dihubungkan ke berbagai aplikasi smartphone seperti aplikasi email atau layanan pesan instan. Oleh karenanya, saat ada notifikasi email maupun pesan masuk, Philips Hue bisa diatur agar berubah warna atau berkedip. 

Pengguna pun bisa mengatur masa hidup dan padam lampu secara otomatis, sesuai dengan jadwal yang diinginkan. Misalnya dengan mengatur padamnya lampu saat hendak tidur dan menyala ketika pengguna bangun. Menariknya lampu pintar ini juga bisa diatur menggunakan suara. Untuk menjalankan fitur ini, pengguna bisa memanfaatkan Google Home dan layanan perintah suara lainnya untuk menyalakan maupun memadamkan lampu.

Untuk menggunakan lampu pintar ini, pengguna bisa mengaturnya via 700 aplikasi seperti Hue Disco yang akan mengatur warna cahaya disesuaikan dengan irama musik. Selain menggunakan smartphone, Philips Hue juga dapat dikendalikan melalui saklar biasa, local control atau smart control melalui perangkat dimmer switch.

Cara menggunakannya, pasang bola lampu Philips Hue (Hue Bulb) ke fitting yang ada dan atur saklar di dinding ke posisi on. Selanjutnya, pasang Bridge dan hubungkan Bridge dengan router wifi menggunakan kabel jaringan yang disediakan. Tunggu hingga tiga lampu menyala dan Bridge siap digunakan. 

Perangkat Bridge bisa didapatkan dalam paket Philips Hue Bulb Starter Kit. Langkah terakhir, unduh aplikasi Philips Hue di App Store atau Google Play Store. Setelah itu, hubungkan dengan Bridge dan temukan tipe lampu sehingga lampu pintar Philips siap digunakan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: