Lampaui penjualan tablet, 200 juta speaker pintar terjual hingga akhir 2019

Canalys memprediksi kepemilikan speaker pintar akan melampaui tablet pada 2021, saat unit yang terjual ke konsumen mendekati 600 juta unit.

Lampaui penjualan tablet, 200 juta speaker pintar terjual hingga akhir 2019 (Foto: Zdnet)

Pasar speaker pintar global diperkirakan bisa terjual hingga 200 juta unit di akhir tahun ini. Canalys memperkirakan dalam laporan barunya, yang mengungkapkan perangkat seperti Google Home, Amazon Echo dan HomePad Aplle akan tumbuh dari 114 juta (2018) menjadi 207,9 juta pada 2019. Jumlah tersebut berarti meningkat hingga 82,4%.

Lebih lanjut Canalys memprediksi kepemilikan speaker pintar akan melampaui tablet pada 2021, saat unit yang terjual ke konsumen mendekati 600 juta unit.


BACA JUGA

Ilmuwan gunakan VR untuk mempelajari sel

Sleep Tracker buat insomnia penggunanya lebih parah

Babak baru persaingan raksasa otak komputasi


"Basis pertumbuhan pemasangan speaker pintar adalah kesempatan untuk menciptakan model bisnis baru dan untuk mendorong keuntungan di luar layanan streaming musik dan konten audio," kata analis senior Canalys, Jason Low.

Secara geografis Canalys memperkirakan Amerika Serikat (AS) akan mempertahankan posisinya sebagai pemimpin yang berhasil menginstal speaker pintar terbanyak, dengan pertumbuhan 46% dalam beberapa bulan mendatang. China akan mendapati pertumbuhan 166% atau 59,9 juta unit, Korea Selatan 132% dan Jepang 131%. 

Di China, Canalys memprediksi Alibaba Tmall Genie akan terpasang kurang dari 25 juta pada akhir tahun ini. Jumlah itu meningkat 39% dari sekitar 10 juta unit pada 2018. Sementara itu Xiao AI yang merupakan produk Xiaomi akan terpasang 15 juta unit atau meningkat 25%. 

"Vendor lokal bersikap optimis terkait pasar speaker pintar China, dan tujuan mereka tahun ini adalah untuk terus mengembangkan basis perangkat terpasang di masing-masing negara dengan mengirimkan lebih banyak perangkat rumahan," kata Low.

Angka yang diperkirakan Canalys melalui laporan terbarunya amat sesuai dengan data Voicebot.ai dan Voicify. dalam sebuah survei yang dipublikasikan pada Maret, mereka memperkirakan jumlah pemilik speaker pintar mencapai 66,4 juta di AS dan 133 juta secara global pada 2019. 

Meski pertumbuhannya tampak signifikan, terlalu dini untuk meyakini speaker pintar mampu mempertahankan pencapaiannya. Survei terpisah yang dipublikasikan awal tahun ini oleh NPR dan Edison Research menemukan, 69% responden mengatakan mereka tidak tertarik untuk membeli speaker pintar lain dalam enam bulan ke depan. Artinya hanya 30% dari responden yang mengatakan mereka agak mungkin atau sangat mungkin membeli perangkat lain.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: