Lain dari Gojek, Grab betah di aplikasi tunggal

Gojek dan Grab kini menjelma menjadi aplikasi multi-service atau kerap disebut "SuperApps". Betapa tidak keduanya menawarkan sejumlah layanan.

Lain dari Gojek, Grab betah di aplikasi tunggal (Foto: Lely/Tek.id)

Gojek dan Grab kini menjelma menjadi aplikasi multi-services atau kerap disebut "SuperApps". Betapa tidak, keduanya menawarkan sejumlah layanan mulai dari layanan berbagi transportasi, layanan antar makanan hingga layanan pengiriman barang.

Diketahui, Gojek juga menyediakan Golife dimana di dalamnya tersedia sejumlah layanan seperti GoMassage, GoClean hingga GoLaundry. Namun layanan yang tercakup dalam GoLife itu terpisah dalam aplikasi tersendiri. Dengan demikian, pengguna harus mengunduh aplikasi GoLife yang terpisah dengan aplikasi Gojek, untuk menggunakan layanan itu.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Grab kini makin ramah dengan penyandang disabilitas

Grab dan Microsoft kerjasama untuk Grab for Business 365

Grab dan pemprov DKI Jakarta hadirkan jalur skuter listrik


Berbanding terbalik dengan Grab yang hingga saat ini masih betah menggunakan aplikasi tunggal. Hampir serupa dengan Gojek, Grab juga menyediakan sejumlah layanan yang membantu memudahkan kehidupan pengguna seperti Grab Clean & Fix, Groceries hingga Tickets untuk pemesanan tiket acara di berbagai daerah.

Kedepannya Grab berencana menyediakan layanan kesehatan serta asuransi. Layanan ini disebut akan meluncur tahun depan. Meski kian bertambah, Grab menyebut akan bertahan dalam aplikasi tunggal. 

"Arah kemungkinan untuk pisah aplikasi, saya rasa kemungkinannya itu tetap ada, tapi kan konsep kami platform, jadi sebisa mungkin kita satukan itu dalam satu layanan sehingga konsepnya Everyday Everything Super App, jadi hanya satu aplikasi untuk segala kebutuhan," Kata Executive Director Grab Indonesia Ongki Kurniawan.

Namun demikian, perusahaan tak membantah adanya kemungkinan untuk membuat aplikasi terpisah. Misalnya seperti saat peluncuran layanan GrabWheels atau layanan penyewaan skuter elektrik. Di tahap awal, GrabWheels tersedia dalam aplikasi terpisah sehingga pemesanannya terpisah dari aplikasi utama Grab. Namun kini layanan itu menyatu dan tersedia di aplikasi utama.

"Tapi ada situasi di mana mungkin di awal-awal GrabWheels, belum bisa kita konsolidasikan ke dalam (aplikasi utama), jadi kita masih luncurkan aplikasi itu secara terpisah untuk beberapa waktu sehingga dia menjadi lebih mature dan lebih smooth lagi experience-nya, baru nanti kita gabungkan lagi sebagai satu layanan," ujarnya.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: