Lagi, Huawei dicekal aliansi Wifi internasional

Setelah keluar dari aliansi yang menentukan standar SDcard atau kartu memori, Huawei juga keluar dari aliansi WiFi internasional.

Lagi, Huawei dicekal aliansi Wifi internasional

Huawei kembali menerima berita buruk. WiFi Alliance, konsorsium yang terutama terdiri dari perusahaan teknologi Amerika, mengumumkan bahwa mereka sementara mencabut keanggotaan Huawei. Ini berarti bahwa Huawei tidak akan dapat mempengaruhi keputusan mengenai standar teknologi nirkabel di masa depan.

WiFi Alliance adalah sekelompok perusahaan yang menguji dan melengkapi perangkat mereka untuk berkinerja sesuai dengan standar nirkabel tunggal. Ini memastikan bahwa jaringan ini bekerja dengan baik, serta perangkat yang berbeda-beda dapat menggunakannya tanpa bermasalah. 


BACA JUGA

Huawei perkirakan akan mengalami penurunan pendapatan hingga 2020

Huawei diisukan akan gunakan Sailfish OS

Huawei tunda rilis Mate X ke pasar


Aliansi ini memiliki lebih dari 500 anggota termasuk, Apple, Qualcomm, Intel dan Broadcom terdaftar sebagai anggota utama mereka. Sekarang, Aliansi ini telah membatasi sementara keanggotaan Huawei, guna mematuhi tindakan Departemen Perdagangan terhadap Huawei. 

Huawei dituduh sebagai risiko keamanan nasional oleh pemerintahan Trump, yang percaya bahwa smartphone dan peralatan jaringan Huawei merugikan Amerika Serikat.

Pencekalan Huawei dari aliansi ini pun berdampak, Huawei tidak akan dapat menggunakan standar WiFi. 

Ada juga dugaan, bahwa tekanan yang diberikan pada Huawei oleh Amerika adalah semata-mata untuk memberikan Amerika Serikat sebuah tawaran dalam berurusan dengan Cina. 

Huawei sementara mendapatkan izin berbisnis dengan perusahaan-perusahaan Amerika. Izin tersebut akan kedaluwarsa pada 19 Agustus nanti. Sampai masa itu, Huawei akan benar-benar berjuang sendiri. 

Kendati begitu, mengingat banyaknya peralatan jaringan dari Huawei yang diandalkan oleh perusahaan dan konsumen Amerika, perpisahan dengan cara ini akan sama-sama menyakitkan bagi kedua belah pihak.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: