Kurir di Inggris mulai gunakan kendaraan listrik

satu kali pengisian daya dapat menjangkau hingga jarak 11 atau 32 kilometer jika mengandalkan motor listrik secara keseluruhan. Baterainya dapat dilepas untuk diisi ulang

Kurir di Inggris mulai gunakan kendaraan listrik Source: EAV via New Atlas

Beberapa kurir ternama seperti UPS dan DHL telah menggunakan kendaraan listrik untuk pengiriman di kota-kota tertentu. Tidak mau kalah, grup pengiriman paket asal Inggris DPD kini mulai bertindak dengan kendaraan listrik roda empat yang dikenal sebagai Proyek 1 atau P1.

Dikembangkan oleh pabrikan sepeda listrik Electric Assisted Vehicle Limited (EAV) yang berbasis di Oxford, P1 memiliki panjang 1,9 meter dengan lebar 1 meter. Dilansir dari New Atlas (23/4), bobot keseluruhan yang dimilikinya adalah 75 kilogram, dan dapat membawa muatan hingga 150 kilogram. Kendaraan ini dilengkapi dengan pedal dan motor listrik.


BACA JUGA

UPS siap antar barang gunakan truk otonom

Jokowi keluarkan Perpres soal kendaraan listrik

Nissan dukung dua standar stasiun pengisian mobil listrik


Dengan motor listrik yang menambah kekuatan, kendaraan ini dapat melaju hingga 24 km/jam dengan dibatasi secara elektronik demi keamanan.

Tergantung dengan kapasitas baterai, satu kali pengisian daya dapat menjangkau hingga jarak 11 atau 32 kilometer jika mengandalkan motor listrik secara keseluruhan. Baterainya dapat dilepas untuk diisi ulang, dengan demikian memungkinkan mempermudah menukar dengan baterai yang memiliki daya listrik.

Meski P1 sudah memilliki kaca depan, rencananya juga akan menggunakan model tertutup sepenuhnya agar dapat digunakan sepanjang tahun. Varian untuk membawa penumpang kemungkinan sedang dalam perjalanan, bersamaan dengan layanan sewa untuk usaha kecil. Perusahaan pengantar barang DPD berencana mengenalkan sejumlah P1 ke dalam layananya di kota-kota Inggris mulai bulan Juli.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: