sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id realme
Jumat, 24 Jun 2022 15:05 WIB

Di 2022, pasokan laptop di Indonesia dipastikan aman

Beberapa produsen laptop di Indonesia mengaku sudah dapat mengamankan dan memenuhi permintaan pasar.

Di 2022, pasokan laptop di Indonesia dipastikan aman
Source: Pexels

Kekurangan pasokan chip semikonduktor telah menjadi krisis global bagi yang berimbas kepada banyak bidang industri, termasuk pabrikan laptop. Harga yang tiba-tiba melonjak dan kekurangan pasokan pun tidak bisa terelakkan. 

Namun, belakangan ini krisis chip dianggap sudah mereda karena beberapa produsen laptop di Indonesia memastikan sudah dapat mengamankan permintaan pasar.

Sebagaimana diungkapkan oleh Technical Public Relations Asus Indonesia, Riandanu Utomo, perusahaan dapat mengamankan permintaan untuk pertengahan kuartal tahun ini. 

"Masih terpengaruh, cuma bisa secure banyak supply untuk pabrik kami di Q2-A3 2022. Jadi, masih cukup bagus untuk memenuhi permintaan pasar Indonesia," kata pria yang akrab disapa Danu ini, ditemui di Indocomtech 2022 di Jakarta (22/6).

Hal yang sama juga diakui oleh Livia selaku Marketing Manager MSI yang juga berpartisipasi dalam pameran teknologi terbesar di Indonesia itu.

"Untuk tahun ini tidak terlalu terpengaruh, tapi kalau untuk tahun lalu memang terasa sekali. Tapi untuk saat ini kami sudah bisa memenuhi permintaan pasar,” ungkap Livia.

Kebanyakan dari produsen laptop ini mengaku sudah dapat memenuhi permintaan pasar tidak seperti puncak krisis yang terjadi 2021 lalu. Sementara itu menurut perwakilan HP, stok laptop sudah aman sejak enam bulan lalu dan saat ini lebih dari cukup untuk memenuhi permintaan pasar.

Krisis chip yang terjadi secara global ini tidak hanya memengaruhi merek mancanegara, tapi juga merek lokal seperti Zyrex. Marketing Communication Zyrex, Cecilia Pieters mengaku Zyrex juga terkena dampak krisis chip global, tetapi hanya dari segi pengiriman.

Akibatnya, pengiriman unit laptop ke konsumen menjadi terlambat. Namun terkait kebutuhan pasar, Cecil memastikan Zyrex dapat memenuhinya tanpa menaikkan harga.

"Zyrex juga kena pastinya, seperti perusahaan lain. Tetapi fenomena itu tidak berpengaruh ke harga, melainkan ke pengiriman,” ujar Cecilia.

Share
×
tekid
back to top