sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
Kamis, 17 Sep 2020 15:40 WIB

Komputer cloud Alibaba mampu render animasi dalam waktu singkat

Cloud Computer Alibaba dapat mengurangi waktu rendering animasi satu frame beresolusi tinggi menjadi hanya 10 menit dari 90 menit menggunakan PC tradisional.

Komputer cloud Alibaba mampu render animasi dalam waktu singkat

Gelaran akbar Alibaba Cloud atau disebut Apsara Conference untuk pertama kalinya diselenggarakan secara virtual di tahun ini. Kendati digelar secara virtual karena pandemi, solusi yang diperkenalkan Alibaba di Apsara Conference yang ke-12 ini tak kalah canggih dibanding sebelumnya.

Apsara Conference 2020 menyoroti komitmen pelopor teknologi dalam membantu orang-orang beradaptasi dengan dunia yang lebih terdigitalisasi dan mengakselerasi transformasi digital pelanggan di seluruh dunia selama dan pasca-pandemi.

Salah satu sorotannya adalah Cloud Computer pertama dari Alibaba Cloud, sebuah komputer pribadi yang seukuran telapak tangan. Meskipun bobotnya kurang dari 60 gram, Cloud Computer ini mampu menawarkan performa komputasi yang tinggi serta didukung sumber daya cloud back end yang kokoh. Dengan hanya menghubungkan Cloud Computer ke layar komputer pada umumnya, pengguna dapat mengakses sumber daya komputasi cloud yang hampir tak terbatas, kapanpun dan dimanapun, dengan model biaya berlangganan atau membayar sesuai penggunaan.

“Kami berharap Cloud Computer ini dapat membantu orang-orang mengakses daya komputasi yang tangguh kapanpun mereka membutuhkannya, sehingga mereka dapat melakukan tugas-tugas kompleks yang biasanya membutuhkan PC yang canggih dan kokoh, seperti untuk pengeditan video, rendering animasi, pengembangan perangkat lunak, dan layanan online bagi pelanggan, sekarang dapat diakses hanya dengan PC kecil di tangan,” kata Jeff Zhang, President of Alibaba Cloud Intelligence.

Mengingat bekerja dari rumah atau work from home (WFH) sudah menjadi normal baru di seluruh dunia termasuk di Indonesia, Zhang meyakini produk baru Alibaba ini dapat membantu pengguna memanfaatkan cloud-computing kapanpun, dimanapun dengan aman. 

Cloud Computer dapat mengurangi waktu rendering animasi satu frame beresolusi tinggi menjadi hanya 10 menit dari 90 menit menggunakan PC tradisional. Selain itu, pembaruan sistem Computer Cloud dapat dilakukan secara online, sehingga menghemat sebagian besar biaya pembaruan dan perawatan mesin PC yang relatif mahal bagi kantor konvensional. Melalui sistem protokol aplikasi streaming yang dikembangkan sendiri oleh Alibaba Cloud, dirancang untuk mensinergikan cloud dan perangkatnya, pengguna juga dapat membeli dan mengakses aplikasi dan program berlisensi seperti Linux dan Windows serta berbagai aplikasi kantor.

Semua data pengguna akan disimpan di cloud untuk pengamanan dan perlindungan sekelas data center. Untuk tahap awal, Computer Cloud hanya akan tersedia bagi pelanggan perusahaan dan dalam waktu dekat. Kendati demikian, Computer Cloud juga direncanakan tersedia untuk konsumen individu.

Tak hanya Computer Cloud, Alibaba juga meluncurkan sejumlah solusi dalam Apsara Conference 2020. Berikut solusi terbaru Alibaba Cloud yang diumumkan di Apsara Conference ke-12.

  • Cloud Lakehouse

Produk ini merupakan generasi baru dari arsitektur big data yang dapat memberikan data yang signifikan berbasis nilai dan intelegensi melalui komputasi lintas platform, intelligent cache, pemisahan hot/cold data, peningkatan kapasitas penyimpanan, dan mengakselerasi kinerja.

  • Sandboxed-Container 2.0

Cloud-Native Container Service for Kubernetes (ACK) dari Alibaba mendukung cluster yang menyediakan runtime sandboxed-container. Sandboxed-Container 2.0 yang terbaru ini memungkinkan pelanggan untuk menjalankan aplikasi di lingkungan dengan sandboxed yang ringan dengan kecepatan lebih tinggi dan biaya sumber daya runtime yang lebih rendah.

  • PAI-DSW 2.0

PAI-DSW 2.0 merupakan platform Cloud-Native Machine Learning Interactive Development terbaru dari Alibaba. Produk ini bertujuan untuk menyediakan lingkungan yang optimal serta mudah digunakan bagi developer, kompatibel dengan plug-in komunitas dan mendukung lingkungan multi-development seperti JupyterLab, WebIDE dan Terminal.

  • Lindorm

Lindorm adalah Cloud-Native Database multi-model yang digunakan untuk mendukung Taobao, T-mall, dan Alipay dalam ekosistem Alibaba Group. Untuk pertama kalinya diperkenalkan tahun ini guna memberi manfaat yang lebih luas bagi ekosistem Alibaba Cloud. Dengan penyimpanan yang terjangkau dan karakteristik pemrosesan yang fleksibel, teknologi ini cocok digunakan dalam berbagai skenario seperti Artificial Intelligence of Things (AIoT), penilaian risiko, dan aplikasi.
 

Share
×
img
×
tekid
back to top