sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
Kamis, 20 Mei 2021 21:43 WIB

Kominfo tanggapi kabar bocornya data 279 juta penduduk Indonesia

Kemenkominfo menyatakan pihaknya tengah melakukan penelusuran dugaan bocornya data pribadi 279 juta penduduk Indonesia.

Kominfo tanggapi kabar bocornya data 279 juta penduduk Indonesia
Source: Pexels

Sebuah tweet dari akun bernama @ndagels mengejutkan warganet. Cuitan itu mengklaim data 279 juta penduduk Indonesia bocor dan dijual. Data tersebut bahkan menyertakan data penduduk yang sudah meninggal dunia.

Berdasarkan gambar yang diunggah bersamaan cuitan tersebut, data yang bocor mencakup nama, nomor telepon, alamat, hingga email

Menanggapi kabar tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan pihaknya tengah melakukan penelusuran dugaan bocornya data pribadi itu. Kendati begitu, penelusuran yang dilakukan setidaknya hingga pukul 20.00 WIB, belum dapat disimpulkan sebagai kebocoran data pribadi.

"Hingga malam ini, pukul 20.00 WIB, tim masih bekerja dan sejauh ini BELUM dapat disimpulkan bahwa telah terjadi kebocoran data pribadi dalam jumlah yang masif seperti yang diduga. Kesimpulan ini diambil setelah dilakukan beberapa tahap pemeriksaan secara hati-hati terhadap data yang beredar," demikian pernyataan Juru Bicara Kemenkominfo, Dedy Permadi (20/5).

Kemenkominfo menyebut akan terus melakukan penelusuran dan penyelidikan secara mendalam. Selain itu, Kementerian tersebut juga akan melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Demi mengindari dampak negatif, Kemenkominfo meminta seluruh penyedia platform digital dan pengelola data pribadi, untuk semakin meningkatkan upaya dalam menjaga keamanan data pribadi yang dikelola dengan menaati ketentuan perlindungan data pribadi yang berlaku serta memastikan keamanan sistem elektronik yang dioperasikan. 

Kemenkominfo juga mengajak masyarakat untuk semakin berhati-hati dalam membagikan data pribadi ke pihak yang tidak berkepentingan. 

Share
×
tekid
back to top