sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
Minggu, 29 Mar 2020 14:55 WIB

Kominfo gelar lomba bikin gim untuk pelajar

Dengan mengusung tema Mari Bersama Melawan Covid-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru, Kominfo bersama AGI, Clevio Coder Camp, dan Garena menantang para pelajar untuk membuat sebuah gim edukasi yang seru untuk dimainkan.

Kominfo gelar lomba bikin gim untuk pelajar

Salah satu tantangan meliburkan anak sekolah adalah mereka kebanyakan berakhir bermain tanpa belajar apapun. Hal ini pun berlaku pada saat diliburkannya sekolah karena penyebaran virus corona yang terjadi saat ini.

Untuk membuat para siswa memiliki kegiatan belajar di rumah lebih menarik bagi para siswa dan siswi, Kementerian Kominfo beserta Asosiasi Game Indonesia (AGI), Clevio Coder Camp, dan Garena membuat kegiatan yang menyenangkan.

Mereka menantang para siswa siswi untuk membuat gim dan mereka akan melakukannya di rumah. Memiliki tema "Mari Bersama Melawan Covid-19: Hidup Bersih, Sehat, dan Seru", ajang itu ditujukan untuk  membantu sosialisasi melawan dan mencegah meminimalisir Wabah Covid-19 melalui media interaktif yang bisa diakses siapa saja, yaitu melalui gim. 

"Diharapkan video game hasil dari ajang cipta game ini bisa menjadi komplemen dari media konvensional untuk mensosialisasikan cara-cara pencegahan terhadap penyebaran virus Covid-19 ini," ungkap Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan.

Pelaksanaan lomba dilakukan dari rumah, sesuai arahan Presiden Republik Indonesia  Joko Widodo membatasi aktivitas guna memutus rantai penyebaran virus ini dengan kampanye #dirumahaja. 

"Kondisi perang melawan Covid-19 yang kita alami saat ini membuat masyarakat dihimbau untuk beraktivitas di rumah saja, menjaga jarak dengan orang lain. Hal ini sesuai arahan Presiden Indonesia, Jokowi, agar kita segera dapat menahan laju penyebaran yang terinfeksi virus Corona," kata Semuel.

Ada dua kategori yang dapat diikuti oleh pelajar, yakni kategori junior dan umum. Untuk kategori junior, mereka yang berpartisipasi adalah yang memiliki usia di bawah 17 tahun, dan dapat melalui bimbingan guru mereka.

Sedangkan untuk kategori umum, mereka yang memiliki usia diatas 17 tahun dapat mengikutinya. Para peserta wajib mencantumkan kartu siswa atau kartu pelajar untuk mengikuti kompetisi ini,

Hadiah yang ditawarkan untuk acara ini adalah sebesar Rp30 juta untuk 11 pemenang. Penilaian akan dilakukan adalah secara internal oleh juri yang telah ditunjuk. Namun, warganet juga akan dilibatkan untuk memilih gim mana yang akan menjadi gim paling populer.

Untuk melakukan pendaftaran, kalian hanya harus mengunjungi situs AGI. Pendaftaran mulai dibuka pada 29 Maret dengan penyelenggaraan workshop pada 2 April dan pengumpulan gim paling akhir 5 April. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada 13 April mendatang.

Share
back to top