Komentar di Youtube kini tersembunyi di tab khusus

Secara manual, ketika pengguna menggulirkan tampilan video utama, pengguna akan menemukan deretan video lain yang terkait.

Komentar di Youtube kini tersembunyi di tab khusus (Foto: The Independent)

Tab komentar di Youtube menjadi bisa kita temukan di bawah video. Melalui dukungan fitur ini, pengguna bisa mendapatkan informasi baru, tanggapan atau hal lainnya yang mungkin belum pernah diketahui sebelumnya. Komentar-komentar dari warganet juga terkadang menghibur. Sayangnya, sejumlah warganet lain tak jarang melontarkan komentar bermuatan ujaran kebencian atau hal negatif lainnya.

Youtube kini dikabarkan akan merampingkan komentar di platform-nya. Secara manual, ketika pengguna menggulirkan tampilan video utama, pengguna akan menemukan deretan video lain yang terkait. Berbeda dengan tampilan sebelumnya yang langsung memperlihatkan komentar.


BACA JUGA

Fundo bikin YouTuber patok harga untuk meet and greet

YouTube Premium kini mungkinkan unduh kualitas Full HD

Video YouTube berisi anak-anak lebih banyak ditonton


Kolom komentara sendiri kini tersedia dalam sebuah tab yang harus di klik jika pengguna ingin melihat sepenuhnya. Tab itu akan muncul di antara tombol dislike dan share. Tautan komentar juga akan muncul di bawah tampilan, jika pengguna melihat deret video rekomendasi hingga habis.

Sebagai gantinya, Youtube mengorbankan tombol "Simpan untuk ditonton nanti". Dilansir XDA Developer (20/6), tombol itu nantinya bisa diakses jika pengguna memilih panah yang akan membuka deskripsi video. 

Tak jelas apa yang mendasari Youtube menerapkan cara ini. Yang jelas, perusahaan berharap perampingan komentar mampu meningkatkan pengalaman pengguna. Untuk saat ini, tombol khusus komentar terlihat muncul di YouTube India. Di negara lain juga muncul fitur serupa, namun tak sebanyak pengguna yang menemukannya di India.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: