Kini para gamer dapat ganti ID PSN mereka

Seharusnya, pihak Sony mengizinkan fitur perubahan ID ini semenjak layanan mereka dibuat, seperti beberapa penyedia layanan lain.

Kini para gamer dapat ganti ID PSN mereka PlayStation 4 (Sony)

Dalam bermain gim, terutama yang berbasis online, kita terkadang ingin mengganti ID kita. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, mulai dari mengikuti gaya gim yang kita sedang mainkan atau memang ingin mengubahnya karena bosan atau menurut kita, nama yang ada terdengar sangat kekanak-kanakan.

Sayang, fitur ini tidak ditemukan bagi para gamer yang bermain di konsol PlayStation. Ya, para gamer tidak dapat dapat mengubah ID mereka setelah pertama kali mendaftar. Namun, Sony akhirnya memutuskan untuk merubah sistem tersebut.


BACA JUGA

Sony bakal luncurkan PlayStation 5 akhir 2020

Sony rilis film dokumenter di balik layar pembuatan God of War

Sony Pictures Television bakal garap serial Spider-verse


Dalam sebuah pernyataan, pihak Sony menyatakan bahwa mulai hari ini, para gamer PlayStation dapat mengubah ID PSN mereka. Fitur ini terasa terlalu lama hadir, mengingat versi beta dari fitur ini sudah diluncurkan pada Oktober tahun 2018.

Para gamer dapat mengganti ID PSN mereka melalui konsol PS4 atau melalui peramban. Sayang, ada kata ‘tapi’ terhadap fitur tersebut. The Verge (11/4/2019) melaporkan, pengguna harus membayar untuk melakukan hal tersebut. Duh!

Pengembang konsol gim asal Jepang tersebut menarik biaya USD9,9 atau sekira Rp140 ribu pada saat pengguna ingin mengganti nama. Tapi, jika Anda merupakan pelanggan PlayStation Plus, Anda hanya akan ditarik USD4,9 atau Rp70 ribu. Namun, pengguna dapat mengganti ID mereka sesuka hati, dengan catatan mereka terus berlangganan PlayStation Plus.

Tapi, dengan membayar biaya penggantian nama, Sony mengklaim bahwa ID lama Anda akan tetap milik Anda. Bahkan, pengguna dapat mengubah ke nama ID mereka yang lama secara gratis. Penawaran yang sangat menarik bukan? Oh iya, pada saat melakukan perubahan ID, nama ID lama Anda akan tetap muncul selama 30 hari. 

Nah, untuk Anda yang siap mengeluarkan dompet dan ingin mengubah ID PSN Anda, sebaiknya tahan niat Anda. Sony mengatakan bahwa sebagian besar gim PS4 yang paling aktif dimainkan, sudah mendukung perubahan ID. Tapi, Sony tidak menjamin semua gim yang dimiliki pengguna akan didukung sepenuhnya.

Jika dibandingkan dengan beberapa penyedia layanan lain, seperti Steam misalnya, yang menawarkan fitur penggantian ID sebagai sebuah hal yang gratis, apa yang ditawarkan Sony rasanya sesuatu yang sangat terlambat. Seharusnya, Sony dapat melakukan hal tersebut semenjak hari pertama layanan mereka dibuat.

Meskipun begitu, saya memiliki keyakinan untuk membayar ke Sony untuk mengubah ID PSN. Saya mungkin jadi orang pertama yang akan mengganti ID PSN saya dengan sesuatu yang lebih tidak kekanak-kanakan!

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: