sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Selasa, 06 Jun 2023 11:00 WIB

Keyboard di iOS 17 kini bisa pelajari kata umpatan

Keyboard iPhone di iOS 17 kini memanfaatkan model transformator, yang digunakan OpenAI (perusahaan di balik ChatGPT) dalam model bahasa mereka sendiri.

Keyboard di iOS 17 kini bisa pelajari kata umpatan

Kata-kata umpatan mungkin diperlukan untuk beberapa kondisi. Namun, pengguna iPhone selama ini dibuat lelah karena keyboard dari ponsel tersebut selalu mengoreksi kata-kata umpatan secara otomatis. Untungnya di WWDC 2023, Apple memperbarui fitur koreksi otomatis ini pada iOS 17.

"Dan pada saat-saat di mana Anda hanya ingin mengetik kata merunduk, keyboard juga akan mempelajarinya," kata Craig Federighi, Wakil Presiden Senior Rekayasa Perangkat Lunak Apple, selama keynote WWDC pagi ini (6/6). Keyboard iPhone di iOS 17 kini memanfaatkan model transformator, yang digunakan OpenAI (perusahaan di balik ChatGPT) dalam model bahasa mereka sendiri.

Hal ini memungkinkan model tersebut mempelajari apa yang pengguna ketik di keyboard untuk memprediksi dengan lebih baik apa yang akan mereka katakan selanjutnya, seperti nama, frasa atau kata umpatan. Namun, jika koreksi tidak sesuai, pengguna dapat mengetuk kata yang digarisbawahi untuk meneruskan kata yang awalnya ingin diketik.

Selain itu, Apple juga memamerkan perkembangan perangkat lunak dan perangkat keras terbarunya di WWDC 2023 minggu ini. Bukan hanya iOS 17, perusahaan juga memamerkan headset Reality Pro yang telah lama ditunggu-tunggu,  MacBook Air 15 inci, MacOS Sonoma, dan WatchOS 10.

iOS 17 diharapkan akan tersedia sebagai beta publik sekitar bulan Juli, dengan rilis umum akan keluar pada bulan September bersamaan dengan rumor seri iPhone 15. Sementara itu, Apple juga memperkenalkan watchOS 10 yang juga diprediksi akan rilis September bersamaan dengan Apple Watch Series 9 yang akan datang. 

Share
×
tekid
back to top