sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
Kamis, 29 Des 2022 19:30 WIB

Kenapa harus tablet?

Perangkat pintar dengan dimensi layar yang lebih besar dari sebuah smartphone ini ternyata menawarkan banyak kegunaan.

Kenapa harus tablet?

Mak Jreng! OPPO akhirnya resmi meluncurkan tablet pertamanya di Tanah Air yang disebut OPPO Pad Air. Tapi, ini bukanlah tablet pertama yang pernah OPPO luncurkan. OPPO sudah memiliki beberapa model tablet milik OPPO, tetapi khusus untuk pasar Tiongkok. Beruntungnya, OPPO akhirnya mengenalkan tablet pertamanya di Indonesia.

Judul di artikel ini bukan lantas mempertanyakan kenapa OPPO akhirnya mengenalkan tabletnya di Indonesia. Lebih kepada kenapa kita harus menggunakan tablet? Kapan kita harus menggunakan tablet? Apakah perangkat ini menawarkan produktivitas atau hal lain untuk penggunanya?

Untuk menjawab hal tersebut, kami akan membagikan sedikit pendapat terkait kenapa harus menggunakan tablet, kapan, dan apa saja yang bisa pengguna dapatkan berdasarkan pengalaman kami. Jujur, kami sendiri cukup senang menyambut OPPO Pad Air. 

 

Kenapa kok Tablet?

Tablet bukanlah perangkat baru. Kita sudah mengenal perangkat ini sejak beberapa tahun silam. Namun, karena popularitasnya sempat menurun, maka ketersediaannya juga semakin sedikit. Hanya ada beberapa vendor yang menyediakan produknya di pasaran.

Namun, efek pandemi tampaknya merubah banyak hal. Termasuk cara orang beraktivitas dan perangkat yang digunakan. 

Jika saat pademi kita harus bekerja dari rumah, smartphone dan laptop jadi perangkat pilihan dipilih untuk mendukung kegiatan sekolah, bekerja, hingga menikmati multimedia. Setelah pandemi mulai mereda, banyak aktivitas kembali ke skema awalnya. Tatap muka, anak sekolah kembali memenuhi sekolahan, begitu juga pekerja yang mulai memadati gedung-gedung perkantoran.

Meski begitu, tidak sedikit juga yang masih menerapkan bekerja dari rumah. Seperti kami, Tek.id masih menerapkan WFH, berkomunikasi menggunakan smartphone, laptop, juga PC.

Melihat sebagian porsi kecil inilah, beberapa vendor tampaknya melihat peluang. Tablet dirasa jadi perangkat yang dapat menjembatani antara laptop dan smartphone. Tak heran, pasar tablet mulai menggeliat. Tahun ini, ada beberapa vendor sudah meluncurkannya, di mana Samsung paling konsisten meluncurkan jajaran tabletnya. Menutup tahun, OPPO mengenalkan OPPO Pad Air.

 

Kenapa harus Tablet?

Tablet termasuk perangkat mobile. Posisinya bisa menjembatani antara fungsionalitas laptop dan smartphone. Untuk bekerja bisa, buat main bisa, menikmati konten multimedia juga bisa.

Tablet umumnya mengusung layar lebih besar dari sebuah smartphone, tetapi sedikit lebih kecil dari laptop pada umumnya. Hal ini jelas memberikan visual yang lebih memuaskan daripada menatap layar smartphone, tapi masih sangat mudah untuk dibawa-bawa.

OPPO Pad Air mengusung layar berukuran 10,36 inci atau 26,32 cm. Menariknya layar ini mendukung resolusi 2K 2000 x 1200 piksel. Hal ini menjadi salah satu hal yang kami suka. 

Biasanya, layar besar dari sebuah tablet tidak didukung oleh resolusi yang tinggi. Ini membuat tampilannya tidak setajam saat melihat konten yang sama dari sebuah smartphone. Namun, dengan resolusi 2K, OPPO Pad Air menawarkan visual yang tak kalah baik dibanding smartphone

Tampilan layarnya tajam berkat dukungan 1 Miliar warna. Tak hanya itu, OPPO Pad Air juga dilengkapi dengan fitur perlindungan mata. Hal ini memberikan kenyamanan pada mata saat membaca artikel, e-book, atau foto dan video yang diunggah ke media social.

Untuk sebuah tablet, OPPO Pad Air tergolong memiliki desain yang ringkas. Meski mengusung layar berukuran 10 inci dan bezel yang cukup tipis, tebal tablet ini hanya berkisar 6,94 mm, masih lebih tipis dari tebal smartphone kebanyakan. 

Bobot OPPO Pad Air juga terbilang ringan. Sangat ringan malah. Hanya berkisar 440 gram saja. Ini membuat tablet ini mudah dibawa-bawa saat bepergian. Semenjak memegang tablet ini, kami sering meninggalkan laptop di rumah. Untuk menulis artikel dan berkomunikasi tablet milik OPPO ini sudah sangat mencukupi hal itu. Hanya dengan menggunakan keyboard bawaan atau menyambungkannya dengan keyboard portabel.

 

Apa Tablet menawarkan produktivitas?

Dulu tidak. Tapi sekarang, jawaban kami untuk pertanyaan itu, Ya. 

Tablet OPPO Pad Air mengusung prosesor Snapdragon 680 dengan dukungan RAM sebesar 4 GB dan storage 64 GB. Dengan spesifikasi seperti ini, OPPO Pad Air sudah mencukupi kebutuhan utama kami sebagai jurnalis.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, kalau hanya untuk menulis artikel saja, bisa dilakukan di tablet ini dengan mudah. Dengan mengandalkan layanan Google, menulis artikel menggunakan Google Docs bisa dilakukan darimana saja. Simpan di Google Drive atau langsung dikirimkan ke rekan kerja. Mengedit data pada Google Sheets atau menyiapkan materi presentasi menggunakan Google Spreadsheets.

Memang, OPPO Pad Air ini masih mengandalkan konektivitas WiFi untuk bisa terhubung dengan layanan Google dan aplikasi lainnya. Tapi, itu bukanlah menjadi persoalan besar. Toh smartphone bisa dijadikan hotspot atau cari saja spot-spot yang menawarkan jaringan WiFi gratis. Lagipula, ini merupakan versi yang lebih hemat. Karena tablet dengan dukungan kartu SIM harganya bisa lebih mahal.

Tak hanya mendukung pekerjaan sebagai jurnalis. Buat kalian yang aktif trading, tablet ini rasanya bisa jadi perangkat untuk menunjang aktivitas kalian untuk memperhatikan pergerakan market yang dinamis. Dengan layarnya yang lebih lega, kalian bisa lebih nyaman melihat kenaikan atau penurunan pasar yang sedang terjadi, ketimbang menggunakan smartphone dengan layar yang lebih kecil. Kalian bisa lebih mudah mengetahui pergerakan candle di pasar.

Untuk yang hobi menggambar, OPPO Pad Air juga dapat digunakan sebagai media untuk kalian menyalurkan hobi kalian di mana saja. OPPO Pad Air mendukung penggunaan stylus untuk menggambar melalui beberapa aplikasi seperti ibisPaint X, Sketchbook, hingga aplikasi profesional lainnya. 

Dengan stylusnya, kalian dapat menggambar sketsa dengan tingkat akurasi yang baik. Bahkan, OPPO Pad Air dapat membedakan tekanan pada stylus, ini memudahkan kalian saat ingin menggambar sketsa dengan garis tipis, atau membuat garis yang lebih tebal saat membuat stroke.

Untuk mendukung produktivitas, OPPO Pad Air yang menjalankan ColorOS juga memiliki fitur Split Screen. Fitur ini dapat menampillkan dua aplikasi berbeda secara bersamaan dalam satu layar. Fitur ini biasanya kami gunakan untuk membuka sumber berita di panel kiri dan Google Docs di sebelah kanan. Kalian juga dapat memutar video YouTube sembari browsing-browsing di media social.

Selain Split Screen, OPPO Pad Air juga memiliki fitur untuk menunjang produktivitas antar perangkat OPPO. Fitur ini disebut Multi Screen Connect.

Mungkin sebagian dari kalian sudah mengetahui fitur Multi Screen Connect ini. Ya, fitur ini merupakan fitur milik OPPO untuk mengoptimalkan ekosistem antar perangkat OPPO. Sebelumnya, fitur ini tersedia untuk PC dan smartphone. Untuk mendapatkan pengalaman serupa, OPPO juga menghadirkannya pada OPPO Pad Air.

Multi Screen Connect memungkinkan kalian mengoperasikan ponsel kalian melalui OPPO Pad Air. Smartphone yang kalian hubungkan akan muncul secara virtual pada layar OPPO Pad Air. Di sini, kalian dapat melakukan apa saja seperti yang kalian bisa lakukan pada smartphone. Berbalas WhatsApp, menyalin data semudah drag-and-drop, membuat presentasi dengan bahan dari smartphone, dan banyak lagi. Fitur ini memungkinkan kalian mengoperasikan dua perangkat, hanya pada satu tablet saja. Simpel kan?

 

Kapan harus pakai Tablet?

Kapan saja. Ya, kapan saja cocok kok. 

Dengan bentuknya yang ringkas dan ringan, kalian bisa membawa tablet ini dengan mudah di tas kalian. Didukung dengan daya tahan baterai yang cukup baik, OPPO Pad Air bisa menemani aktivitas kalian seharian.

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, sejak memegang OPPO Pad Air, kami lebih sering menggunakannya ketimbang laptop. Untuk bekerja mudah, tinggal hubungkan keyboard portabel atau menggunakan Airkeyboard dan buka Google Docs, kami bisa membuat artikel dari mana saja. Meeting via ZOOM, atau menghadiri liputan online, sembari mencatat pesan-pesan penting yang disampaikan.

Dengan layarnya yang lebih lega dan mendukung resolusi 2K, OPPO Pad Air juga bisa menjadi pusat hiburan kalian. Saat dalam perjalanan misalnya, di kereta atau transportasi umum lainnya, kalian bisa sembari menonton film. Gunakan OPPO Enco Buds 2 sebagai pasangannya untuk mendapatkan pengalaman audio yang semakin lengkap. 

Kalian juga bisa kok mengandalkan speaker eksternal dari OPPO Pad Air. Berkat dukungan teknologi Dolby Atmos, keluaran suara yang dihasilkan tablet ini tergolong imersif. Efek surround bisa kalian rasakan saat menonton film-film dengan efek suara yang dinamis. Kalau nonton pakai eksternal speaker di transportasi umum, sudah pasti bakal ada yang ikutan nonton deh. Dijamin!

Jadi itulah pengalaman yang kami rasakan ketika menggunakan tablet milik OPPO ini. Meskipun fiturnya belum se-lengkap PC, tapi setidaknya tablet ini sudah bisa memenuhi kebutuhan utama kami, seperti mengetik, meeting online, menikmati hiburan, browsing, dan banyak lagi.

 

Editor
Share
×
tekid
back to top