Apple WWDC 2019

Kenalkan Catalina, sistem operasi desktop Apple terbaru

Voice Control akan memungkinkan kamu mengontrol sistem operasi sepenuhnya dengan kata-kata yang diucapkan.

Kenalkan Catalina, sistem operasi desktop Apple terbaru Source: Apple via Engadget

Pada ajang WWDC 2019, Apple secara resmi mengumumkan versi macOS berikutnya (10.15) dengan nama Catalina. Salah satu fitur terbarunya adalah konsep baru iTunes, yang kini dibagi menjadi aplikasi terpisah, seperti Music, Podcast dan TV. Dilansir dari Engadget (3/6), aplikasi Podcast terlihat jauh lebih berguna untuk menemukan acara baru, berkat sentuhan machine learning. Aplikasi TV juga akan membawa dukungan untuk video 4K HDR ke Mac, sesuatu yang tadinya dapat dilakukan Apple TV 4K.

Pemisahan itu dapat membingungkan bagi orang-orang yang telah terbiasa dengan software Apple yang ada. Tentu saja, belum ada informasi apakah aplikasi-aplikasi tersebut pada akhirnya akan hinggap di sistem operasi Windows.


BACA JUGA

Apple akan perkenalkan SiriOS pada WWDC 2020

Sensor ToF 3D akan hadir di kamera belakang iPhone 2020

Apple Card bakal rilis dalam waktu dekat


Ada pula fitur-fitur lainnya, macOS Catalina akan dapat menggunakan iPad sebagai tampilan sekunder. Fitur ini diberi nama “Sidecar”, yang berfungsi, baik menggunakan kabel maupun nirkabel, serta memungkinkan kamu untuk menggunakan tablet sebagai pengontrol layar sentuh untuk Mac.

Selain itu, Voice Control akan memungkinkan kamu mengontrol sistem operasi sepebuhnya dengan kata-kata yang diucapkan. Keamanan yang dihadirkannya juga dapat diandalkan karena Apple mengatakan seluruh pemrosesan suara terjadi pada perangkat yang digunakan, bukan di cloud.

Sayangnya, Apple tidak memberikan informasi lebih lanjut mengenai sistem operasi macOS Catalina, dan tidak mengatakan apa-apa tentang rencana untuk membawa lebih banyak aplikasi iOS. Semua yang dimiliki macOS Catalina merupakan perubahan penting dari macOS Mojave tahun lalu.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: