sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
Sabtu, 23 Jan 2021 20:21 WIB

Kemenkominfo batalkan lelang frekuensi 2,3GHz

Kementerian Komunikasi dan Informatika menghentikan proses lelang frekuensi 2,3GHz yang sudah berlangsung beberapa waktu lalu.

Kemenkominfo batalkan lelang frekuensi 2,3GHz

Kementerian Komunikasi dan Informatika menghentikan proses lelang frekuensi 2,3GHz yang sudah berlangsung beberapa waktu lalu. Kementerian yang dipimpin oleh Johnny G Plate ini menyatakan langkah ini dilakukan sebagai langkah "kehati-hatian dan kecermatan".

"Kementerian Komunikasi dan Informatika, melalui Tim Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz pada Rentang 2.360 – 2.390 MHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler (Tim Seleksi), dengan ini mengumumkan bahwa proses Seleksi Pengguna Pita Frekuensi Radio 2,3 GHz pada Rentang 2.360 – 2.390 MHz untuk Keperluan Penyelenggaraan Jaringan Bergerak Seluler, yang diumumkan pembukaannya pada tanggal 20 November 2020 melalui Siaran Pers Nomor 148/HM/KOMINFO/11/2020, dinyatakan dihentikan prosesnya," demikian kutipan pengumuman Kemenkominfo.

"Penghentian proses seleksi tersebut diambil sebagai sebuah langkah kehati-hatian dan kecermatan dari Kementerian Kominfo guna menyelaraskan setiap bagian dari proses seleksi ini dengan ketentuan peraturan perundang-undangan berkaitan dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informatika, khususnya Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2015."

Dengan diumumkannya keputusan ini, hasil proses seleksi yang sudah dilakukan dan diumumkan sebelumnya dinyatakan batal. Sebagai informasi, proses lelang frekuensi 2,3GHz sebelumnya telah menghasilkan pemenang meliputi tiga operator yaitu Telkomsel, Smartfren dan 3 Indonesia. Ketiga operator ini disebut Kemenkominfo telah menerima kembali dokumen jaminan keikutsertaan seleksi (bid bond) pada Jumat, 22 Januari.

Lebih lanjut Kemenkominfo akan menempuh langkah yang diklaim lebih cermat dan berhati-hati, guna memastikan frekuensi 2,3GHz dapat dimanfaatkan dengan optimal bagi masyarakat di Indonesia. Frekuensi ini sendiri ditetapkan sebagai salah satu frekuensi yang dapat dimanfaatkan operator seluler untuk menggelar jaringan 5G. Baik Telkomsel, Smartfren maupun 3 Indonesia mendapatkan masing-masing satu blok frekuensi tambahan dari frekuensi 2,3GHz. Sayangnya keputusan lelang frekuensi ini dibatalkan.

 

 

 

 

Share
×
tekid
back to top