sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id poco
Selasa, 31 Jan 2023 10:34 WIB

Kelangkaan chip dikabarkan telah berakhir

Kekurangan chip global, yang dimulai selama pandemi, telah memengaruhi seluruh dunia. Meski demikian, sekarang keadaan sudah berubah.

Kelangkaan chip dikabarkan telah berakhir

Kelangkaan chip global dikabarkan telah berakhir, sebagaimana dikonfirmasi oleh laporan terbaru. Pernyataan ini mungkin tampak terlalu optimis, tetapi tingkat operasi yang menurun di foundry chip Korea Selatan seperti Samsung, BD Hitek, Key Foundry, Magnachip, dan SK Hynix System IC mendukung deklarasi tersebut. Industri chip dilaporkan bergerak menuju rantai pasokan yang lebih stabil.

Kekurangan chip global, yang dimulai selama pandemi, telah memengaruhi seluruh dunia. Penurunan kapasitas produksi dan peningkatan permintaan secara bersamaan mengakibatkan krisi yang berlangsung lama. Meskipun pabrikan beroperasi dengan kapasitas hampir penuh untuk memenuhi permintaan, baik harga maupun ketersediaan produk tetap terbatas.

Namun era itu kini telah berakhir. Dilansir dari Gizmochina (31/1), laporan terbaru menunjukkan bahwa banyak pabrikan di Korea Selatan beroperasi pada 60-70%. Hanya Samsung yang merupakan pengecualian, beroperasi pada kapasitas 80%. Sayangnya, dampak inflasi global dan penurunan permintaan produk IT telah mengakibatkan penurunan harga dan permintaan chip. Perusahaan elektronik konsumen juga bergulat dengan tingkat persediaan yang tinggi.

Sayangnya, situasi ini tampaknya memengaruhi konsumen secara negatif. Orang yang membayar upah tinggi hanya beberapa bulan yang lalu karena kekurangan produk dan stok sekarang akan membeli produk dengan harga murah karena kenaikan biaya dan inflasi.

Share
×
tekid
back to top