sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Senin, 28 Nov 2022 15:59 WIB

Kecepatan SSD NVMe PCIe Gen 5 bakal lebih kencang

Pada beberapa pengujian, termasuk yang dilakukan oleh Nextorage, kecepatan SSD NVMe PCIe Gen 5 35% lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Kecepatan SSD NVMe PCIe Gen 5 bakal lebih kencang

Pada September lalu, Nextorage secara resmi memperkenalkan jajaran SSD terbaru mereka. Mereka memperkenalkan SSD terbaru milik mereka tersebut di sela-sela acara Tokyo Game Show 2022.

Di kesempatan kali Perusahaan yang berbasis di Jepang ini menawarkan SSD mereka untuk kedua konsumen yaitu PC dan Konsol Sony Playstation 5. Namun, bukan hanya meluncurkan SSD dengan teknologi PCIe Gen 4, mereka juga memperkenalkan SSD dengan teknologi PCIe Gen 5.

Untuk spesifikasinya sendiri, SSD NVMe PCle Gen 5 mereka diklaim memiliki kecepatan sequential read speed dan write hingga 10.000 MB/s. Nantinya produk ini akan dibagi menjadi dua varian, yaitu varian 2TB dan 1TB. 

Tapi, untuk varian 1TB akan berjalan lebih lambat dengan read speed sebesar 9.500 MB/s dan write speed sebesar 8.500 MB/s. Sedangkan varian 2TB nya akan memiliki kecepatan maksimal.

Dilansir dari Wccftech (28/11), sebagai perbandingan, Samsung 990 Pro yang merupakan SSD NVMe PCIe Gen 4 tercepat saat ini, hanya memiliki read speed sebesar 7450 MB/s dan write speed sebesar 6.900 MB/s. 

Hal ini menunjukkan bahwa SSD PCle Gen5 NVMe M.2 ini menawarkan read speed 35% lebih cepat dan write speed 48% lebih cepat dibandingkan dengan SSD Gen4 lainnya.

SSD NVMe PCle Gen 5 milik mereka juga nantinya akan hadir dalam dua pilihan, pertama versi standarnya dengan film tembaga dam versi high-end dengan massive heatsink. Namun, desain dari heatsink ini masih dalam proses evaluasi, dan tampilan pada Tokyo Game Show September lalu mungkin bukan tampilan akhir dari SSD ini.

Penggunaan heatsink untuk SSD NVMe PCIe Gen 5 ini memang diperlukan. Seorang leaker di platform Twitter, Shimizu_OC mengungkapkan bahwa SSD milik Nextorage, terutama di bagian NAND Flash, dapat mencapai suhu 59 derajat Celcius. Sedangkan ketika heatsink tersebut dilepas, suhunya naik menjadi 77 derajat Celcius.

 

Tag
Share
×
tekid
back to top