Kecanduan gim bakal resmi jadi gangguan jiwa menurut WHO

2018 nanti, kecanduan gim akan masuk daftar gangguan mental yang diakui secara internasional.

Dilansir dari Digital Trends (25/12), World Health Organization (WHO) baru saja menemukan kondisi kesehatan mental baru. Kondisi kejiwaan ini disebut gaming disorder. Karakteristiknya adalah, terus menerus bermain gim atau sederhananya, kecanduan gim.

Dalam draft International Classification of Diseases 11 (ICD-11), yang akan dirilis 2018 nanti, kecanduan gim ini masuk klasifiksi penderitaan (affliction). Orang-orang yang menderita oleh kecanduan ini mengatakan, mereka tidak mampu lagi mengontrol frekuensi, intensitas, durasi, dan konteks bermain gim.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Call of Duty : Mobile akan jadi penantang PUBG Mobile

Rockstar luncurkan launcher tersendiri

Android segera kejar jumlah pendapatan gim dari iOS


Munculnya kecanduan gim di ICD-11, mungkin memiliki dampak yang lebih luas dari apa yang kita pikirkan. Dokumen ini sendiri menetapkan standar internasional bagi suatu kondisi kesehatan tertentu. Ini artinya dokter akan segera mendiagnosa perilaku kecanduan gim ini di seluruh dunia. Perusahaan asuransi pun bisa jadi memperluas cakupan pengobatannya ke kondisi mental ini nantinya.

Meski begitu, tidak semua organisasi kesehatan setuju dengan label terbaru yang WHO buat ini. Dalam laporan Newsweek (25/12), Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorder, yang disusun asosiasi psikiater Amerika, belum secara resmi mengatakan kondisi kecanduan gim ini sebagai gangguan mental

Meski begitu, gangguan mental akibat kecanduan gim ini akan terus dimonitor organisasi kesehatan dunia di waktu yang akan datang. Jadi bila Anda menghabiskan liburan dengan bermain gim, cobalah untuk berbagi waktu luang dengan keluarga atau orang terkasih.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini:
Tags :
WHO