sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id realme
Senin, 24 Agst 2020 09:40 WIB

Hal yang harus diperhatikan pengembang aplikasi terkait kebijakan dan privasi baru di iOS 14

iOS 14 yang akan diluncurkan bulan depan dikabarkan akan memiliki kebijakan dan privasi baru, sehingga perlunya persiapan dan strategi baru untuk terus dapat melakukan monetisasi.

Bulan September sebentar lagi tiba dan Apple akan memberlakukan peraturan privasi pengguna baru untuk iOS 14. Walaupun tanggal peluncuran masih belum diputuskan, update ini akan secara signifikan mengubah cara pengiklan menargetkan pengguna di iOS. Sekarang pertanyaannya adalah ‘bagaimana pengiklan dapat bersiap-siap dan memastikan bahwa mereka selangkah lebih maju setelah iOS 14 diluncurkan?

Untuk menyiapkan diri menghadapi perubahan besar ini, pembuat aplikasi perlu melakukan hal-hal yang tercakup dalam checklist. Mereka perlu mengkaji cara penggunaan IDFA saat ini dan dampak yang ditimbulkan apabila IDFA tidak tersedia, cara kerja mekanisme persetujuan dan cara mengoptimalkan lebih lanjut untuk meningkatkan jumlah pengguna yang memberikan persetujuan. Lalu yang terakhir, mereka perlu mengkaji strategi akuisisi pengguna dan monetisasi, untuk memastikan bahwa strategi tersebut dapat diterapkan dan berkelanjutan setelah kebijakan privasi yang baru mulai berlaku.

Untuk membantu Anda dalam menghadapi perubahan ini, Adjust memiliki panduan yang berisi hal-hal yang perlu dipertimbangkan dan hal-hal yang perlu Anda lakukan dari sekarang agar siap menyambut peluncuran iOS 14 di bulan September.

Unduh panduan lengkap Adjust untuk monetisasi aplikasi seluler di iOS 14.

Apa dampak dari perubahan ini terhadap pemasaran seluler? Setelah iOS 14 diluncurkan, pembuat aplikasi perlu meminta persetujuan pengguna untuk melacak data pengguna melalui pesan pop-up di dalam aplikasi. IDFA pengguna yang tidak memberikan persetujuan untuk pelacakan akan berupa string angka 0, sehingga tidak dapat digunakan. Secara default, pengguna diasumsikan belum memberikan persetujuan saat pertama kali menggunakan aplikasi. Setelah mendapatkan notifikasi, pengguna dapat memilih untuk memberikan persetujuan atau menolak untuk membagikan IDFA per aplikasi - artinya pengguna dapat memilih untuk memberikan persetujuan bagi Aplikasi A tetapi menolak memberikan persetujuan untuk Aplikasi B.

Perubahan ini akan secara spesifik memengaruhi penargetan iklan di ekosistem aplikasi seluler. Penargetan ulang, penargetan pengecualian, segmentasi, lookalike audiences dan lain-lain saat ini mengandalkan IDFA. Oleh karena itu, perubahan ini akan berdampak besar terhadap monetisasi iklan dan akuisisi pengguna.

Banyak faktor yang berkaitan dengan penargetan di iOS 14 masih belum diketahui dan banyak hal-hal teknis masih perlu dipastikan sebelum tanggal peluncuran. Industri berupaya untuk secara bersama-sama menemukan solusi yang melindungi privasi pengguna dan juga menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi pembuat aplikasi dan pengiklan, tetapi semua pihak harus mulai bersiap-siap menghadapi perubahan ini agar mereka dapat merasa percaya diri dan siap saat bulan September tiba. Walaupun tidak mudah untuk menentukan langkah awal, panduan Adjust membahas tentang perubahan-perubahan utama dan tugas-tugas yang perlu diprioritaskan oleh pembuat aplikasi selama beberapa minggu mendatang.

Untuk mendapatkan informasi detail mengenai langkah-langkah mempersiapkan diri menghadapi kebijakan privasi baru Apple dan iOS 14 untuk pengguna, unduh panduan lengkap untuk monetisasi aplikasi seluler di iOS 14 dari Adjust.

Editor
Share
×
tekid
back to top