Kaspersky : 900 juta pengguna terjangkit malware lewat GTA V dan Minecraft

Para gamer diminta untuk mengunduh gim dari situs resmi yang dapat dipertanggung jawabkan, tidak mengunduh dari situs sembarangan.

Kaspersky : 900 juta pengguna terjangkit malware lewat GTA V dan Minecraft Ilustrasi Bermain Game Konsol (Pexels)

Tidak dapat dipungkiri lagi jika saat ini harga gim AAA sangatlah mahal. Para gamer pun cenderung memilih untuk menunggu ulasan dari sebuah gim untuk memutuskan membeli sebuah gim atau tidak.

Tapi, ada beberapa gamer yang memilih jalan lain. Mereka memilih untuk mengunduh gim bajakan dari situs yang tidak jelas asal usulnya. Alhasil, dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim Kaspersky menunjukkan sebuah fakta yang mengejutkan.


BACA JUGA

Satu lagi pendiri Blizzard yang hengkang

Ini tips chicken dinner dari EVOS

Flappy Royale suguhkan burung Flappy dengan genre battle royale


Lebih dari 930.000 pengguna dilaporkan telah terkena serangan malware dalam kurun waktu 12 bulan dari awal Juni 2018 hingga awal Juni 2019. Yang unik. lebih dari sepertiga serangan hanya berpusat pada tiga gim saja.

Dalam sebuah pernyataan resmi yang diterima tim Tek.id (18/6/2019), Kaspersky menyatakan bahwa tiga gim yang dimaksud adalah Minecraft, GTA V, dan The Sims 4. Memimpin dari daftar gim yang disalahgunakan adalah Minecraft.

Para peneliti mengatakan gim tersebut menyumbang sekitar 30 persen dari serangan, dengan lebih dari 310.000 pengguna terkena infeksi. GTA 5 yang ada di posisi kedua telah menginfeksi lebih dari 112.000 pengguna. Sedangkan The Sims 4 menyerang hampir 105.000 pengguna.

Menurut para peneliti, para pelaku kejahatan siber juga berusaha memikat pengguna agar
mengunduh file berbahaya dengan menyamarkannya sebagai gim pra-rilis. Beberapa contoh adalah mereka menggunakan gim pra-rilis seperti FIFA 20, Borderlands 3, dan Elder Scrolls 6.

Meningkatnya penyebaran malware melalui video gim pun disebutkan karena kekuatan internet telah mempercepat pertumbuhan dan evolusi dari gim. Saat ini sekitar satu dari sepuluh populasi dunia memainkan gim online. 

Seperti jenis hiburan digital lainnya, video gim juga rentan terhadap penyalahgunaan seperti pelanggaran hak cipta dan hadirnya torrent ilegal, selain itu mereka menghadapi peningkatan ancaman lainnya.

“Penjelasannya mudah, karena orang bisa menjadi kurang waspada ketika mereka ingin bersantai dan bersenang-senang. Jika mereka tetap tidak waspada dalam hal kecil seperti penyamaran malware pada video gim seperti ini, maka tidak dibutuhkan ancaman tingkat tinggi seperti infeksi. Kami terus mendesak semua orang untuk tetap waspada,” kata Maria Fedorova, peneliti keamanan di Kaspersky.

Pihak Kaspersky juga menghimbau para pengguna untuk tidak mengunduh gim dari situs yang tidak bisa dipercaya. Mereka menghimbau para pengguna untuk mengunduh gim dari situs resmi dan dapat dipertanggung jawabkan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: