Kapal pesiar ini mengandalkan tenaga baterai

Kapal pesiar yang megah tersebut berlayar di lepas pantai barat Norwegia dalam perjalanan perdananya ketika kapten memerintahkan untuk mematikan mesin diesel dan beralih ke tenaga listrik.

Kapal pesiar ini mengandalkan tenaga baterai

Kapal pesiar tradisional menimbulkan semua jenis masalah kualitas udara untuk kota-kota yang sering didatanginya. Dengan demikian operator Norwegia Hurtigruten sedang mengincar masa depan yang lebih hijau untuk armadanya, baru-baru ini mereka mengadirkan kapal pesiar hibrida bernama MS Roald Amundsen.

Hurtigruten berencana untuk menghadirkan beberapa kapal hibrida dalam armadanya, dengan MS Roald Amundsen menjadi kapal pertama dengan sistem hibrida. Dilansir dari New Atlas (4/7), kapal pesiar ini dirancang khusus untuk perairan kutub yang sangat dingin dan menawarkan jenis fasilitas mewah.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Peneliti temukan solusi baterai lithium yang lebih ringan

Sepeda hidrogen asal Perancis punya daya tempuh hingga 150 km

Penerbangan AS-London harus mendarat darurat gara-gara powerbank


Fasilitas yang kapal pesiar hibrida itu tawarkan termasuk sauna panorama, restoran, bar, dek observasi luas, kolam renang, kolam air panas pribadi dan balkon pribadi dengan lebih dari setengah kabin. Ada cukup ruangan yang besar untuk menampung 530 tamu, dan bahkan pusat sains khusus untuk keperluan pendidikan dan hiburan.

Semua fasilitas mewah itu mungkin terdengar tidak asing jika dibandingkan dengan kapal pesiar mewah pada umumnya. Namun MS Roald Amundsen tidak digerakan sepenuhnya oleh diesel atau gas. Drivetrain hibrida yang dimilikinya memungkinkan ia mengandalkan pula tenaga listrik untuk sebagian perjalanannya. Ini diharapkan akan mengurangi emisi karbon hingga 20 persen.

Kapal pesiar yang megah tersebut berlayar di lepas pantai barat Norwegia dalam perjalanan perdananya ketika kapten Kai Albrigsten memerintahkan untuk mematikan mesin diesel dan beralih ke tenaga listrik. Pada saat itu, MS Roald Amundsen menjadi kapal pesiar pertama di dunia yang menggunakan daya baterai.

MS Roald Amundsen akan mulai melakukan ekspedisi di sepanjang pantai Norwegia, kepualauan Svalbard dan Greenland pada musim panas ini. Disusul dengan perjalanan ke Amerika, Hurtigruten kemudian berencana untuk mencoba ke Antartika pada tahun depan.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: