sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
Sabtu, 18 Jan 2020 12:38 WIB

Kamera monokrom baru Leica dijual Rp113 juta

Leica M10 Monochrom terbaru digadang-gadang yang pertama dengan sensor unik yang dirancang khusus untuk fotografi hitam-putih.

Kamera monokrom baru Leica dijual Rp113 juta
Source: The Verge

Leica baru saja mengumumkan kamera hitam-putih terbarunya dengan nama M10 Monochrom. Kamera ini diinformasikan memiliki desain serta fitur yang mirip dengan M10. Dilansir dari The Verge (18/1), bodi kamera monokrom tersebut mengusung profil ramping dan konektivitas nirkabel. Dalam hal sensor, Leica menyematkan resolusi 40 MP.

Bisa dibilang model Monochrom telah menjadi salah satu kamera digital Leica yang paling kontroversial sejak versi pertama yang dirilis pada tahun 2012. Kamera digital yang tidak dapat memotret gambar berwarna adalah sesuatu yang membuat banyak fotografer berfikir berkali-kali, terutama ketika harganya hampir USD10.000 (Rp136 juta).

Tetapi Leica berpendapat bahwa Monochrom menghasilkan gambar hitam-putih yang lebih baik daripada gambar monokrom yang dikonversi dari kamera berwarna, dengan lebih detail, dynamic range yang lebih baik, dan tampilan unik sehingga tidak dapat direplikasi oleh kamera lain. Perusahaan ini telah membuktikan bahwa klaimnya benar dari awal mereka meluncurkan kamera digital hitam-putih.

Sementara sensor gambar di dua kamera Monochrome terdahulu mereka telah menjalani modifikasi dari sensor berwarna, M10 Monochrom terbaru digadang-gadang yang pertama dengan sensor unik yang dirancang khusus untuk fotografi hitam putih. Kamera anyar tersebut memiliki rentang sensitivitas ISO 160 hingga ISO 100.000, yang merupakan rentang lebih besar jika dibandingkan dengan model sebelumnya.

Dari sisi desain, M10 Monochrom pada dasarnya adalah M10-P dengan lapisan matte (Leica menyebutnya sebagai black chrome). Ia memiliki bodi lebih tipis daripada Typ 246 Monochrom sebelumnya. Tidak ketinggalan pula fitur konektivitas Wi-Fi, shutter yang lebih sunyi, layar sentuh. Oiya, kamera ini tidak memiliki fitur perekaman video.

Meski M10 Monochrome memiliki fitur lebih minim daripada M10-P, kamera baru itu memiliki harga yang tidak jauh berbeda. Leica menjual M10 Monochrom seharga USD8.285 (Rp113 juta), sekitar USD500 (Rp6,8 juta) lebih murah dari M10-P yang saat ini dijual. Kemungkinan label harga itu tidak masalah bagi sebagian besar pelanggan Leica yang mempertimbangkan Monochrom.

Tag
Share
back to top