Kamera medium format baru Hasselblad dihargai Rp81 juta

Hasselblad mengklaim layar belakangnya dengan ukuran 3,6 inci adalah yang terbesar pada kamera medium format digital.

Kamera medium format baru Hasselblad dihargai Rp81 juta

Hasselblad baru saja mengumumkan kamera medium format terbarunya, X1D II 50C. Hadir sebagai penerus X1D yang hadir tiga tahun lalu, X1D II menawarkan serangkaian fitur yang disempurnakan serta sistem operasi yang lebih cepat.

Dilansir dari DP Review (20/6), kamera anyar tersebut menawarkan layar belakang yang lebih besar, resolusi EVF yang lebih tinggi dan respons yang optimal.


BACA JUGA

Berbasis Lumix FZ1000 II, Leica V-Lux 5 dibanderol Rp17 juta

Canon G5 X Mark II bisa potret foto 30 fps

Canon punya kamera vlogging terbaru


Masih dibalut bodi yang sama, X1D II juga dikatakan memiliki sensor beresolusi yang sama pula (50 MP). Prosesor yang diusungnya juga memiliki performa lebih unggul sehingga mengurangi gangguan shutter lag dan meningkatkan pemotretan continuous. Sistem ini juga memiliki refresh rate viewfinder yang lebih tinggi pada 60 fps.

Hasselblad mengklaim layar belakangnya dengan ukuran 3,6 inci adalah yang terbesar pada kamera medium format digital. Resolusi layar tersebut adalah 2,36 juta dot, ini memiliki kenaikan yang cukup tinggi mengingat versi awal kamera hanya memiliki layar belakang 920 ribu dot. Sedangkan EVF juga memiliki peningkatan resolusi dengan 3,69 juta dot. Teknologi panel yang digunakan untuk EVF adalah OLED, sama seperti pendahulunya.

Perusahaan yang berbasis di Swedia ini menyatakan sistem menu kamera telah mengalami perubahan agar lebih mudah diakses ke dalam banyak fungsi yang ditawarkannya. Kini menu dapat ditampilkan dan dioperasikan lewat EVF.

X1D II memungkinkan fotografer memotret menggunakan format JPG berukuran penuh. Selain itu, mereka juga dapat hanya menggunakan format JPG, tidak harus menggunakan format RAW. Harga yang ditawarkan untuk kamera Hasselblad X1D II 50C adalah USD5750 (Rp81,6 juta).

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: