Photokina 2018

Kamera digital pertama Zeiss punya memori internal 512 GB

Zeiss mengklaim baik sensor dan lensa ZX1 dikembangkan oleh mereka sendiri dan dirancang agar memiliki kecocokan satu sama lain.

Kamera digital pertama Zeiss punya memori internal 512 GB Source: Zeiss

Zeiss baru saja mengumumkan kamera digital pertama mereka, ZX1. Mengutip dari halaman DP Review (27/9), kamera ini hadir dengan sensor gambar full-frame beresolusi 37,4 MP, lensa fix 35 mm Distagon F2 dan layar sentuh berukuran 4,3 inci dengan resolusi 1280 x 720. Layar sentuh pada layar berguna untuk mengatur menu antarmuka yang ditawarkannya.

Pabrikan yang berbasis di Jerman tersebut bekerja sama dengan Adobe demi menawarkan kemampuan Photoshop Lightroom CC pada kamera ZX1 ini. Dengan demikian, kamera ini menjanjikan fotografer untuk mengedit langsung pada ZX1 tanpa bantuan PC atau sebagainya.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Ilmuwan bisa hilangkan air untuk fotografi bawah air

Kamera ini bisa rekam video 360 derajat dengan resolusi 8K

Kupas tuntas performa kamera Redmi Note 8


Zeiss mengklaim baik sensor dan lensa ZX1 dikembangkan oleh mereka sendiri dan dirancang agar memiliki kecocokan satu sama lain, berbeda dengan Leica Q dan seri Sony RX1. Namun, kamera Zeiss ZX1 tidak dilengkapi dengan fitur stabilisasi gambar. Lensa milik ZX1 menawarkan jarak fokus minimum 30 cm dengan rancangan optic 8 elemen dalam 5 grup.

Meski kamera ZX1 tidak dilengkapi dengan slot kartu memori, Zeiss membenamkan memori internal sebesar 512 GB. Pabrikan tersebut mengklaim penyimpanan tersebut cukup untuk menyimpan sekitar 6.800 gambar format RAW dan 50.000 gambar JPG. ZX1 menawarkan konektivitas Bluetooth, Wi-Fi, dan USB-C. Para fotografer juga dapat melakukan pembaruan software secara over-the-air (OTA) sehingga tidak perlu menghubungkannya ke PC.

Adapula panel electronic viewfinder (EVF) berbasis OLED dengan resolusi 1920 x 1080 piksel serta magnifikasi 0,74x. ZX1 menyajikan autofocus tunggal maupun continuous. Dalam hal perekaman video, kamera ini mampu menangkap resolusi 4K pada 30fps dan Full-HD pada 60 fps. Belum ada informasi lebih rinci seputar harganya, Zeiss hanya mengabarkan bahwa ZX1 mulai tersedia pada awal 2019 mendatang.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: