sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id samsung
Selasa, 09 Jul 2024 10:06 WIB

Ini jumlah RAM yang digunakan Windows 11 dan cara menghematnya

Kalian pasti pernah penasaran dong berapa sih sebenarnya jumlah kapasitas RAM yang digunakan oleh Windows 11? Dan bagaimana cara menghemat penggunaan RAM di Windows 11? Yuk kita bahas!

Ini jumlah RAM yang digunakan Windows 11 dan cara menghematnya

Windows 11 saat ini menjadi sistem operasi paling baru yang ditawarkan oleh Microsoft. Meski paling baru, namun saat ini pengguna Windows 10 masih memiliki jumlah pemakai yang lebih banyak selama satu tahun belakangan ini.

Dalam sebuah data yang diungkap oleh Stat Counter beberapa waktu yang lalu, pangsa pasar pengguna Windows 10 sebesar 70,03 persen, sedangkan Windows 11 hanya memiliki pangsa pasar sekitar 25,65 persen dari total keseluruhan pengguna perangkat berbasis Windows.

Ada beberapa hal yang membuat pengguna enggan atau tidak bisa melakukan upgrade OS mereka. Selain karena TPM 2.0, ada satu hal lain yang membuat pengguna masih belum ingin pindah ke Windows 11, yakni penggunaan RAM.

Tapi, memang berapa sih total penggunaan RAM yang digunakan oleh Windows 11 untuk sebuah perangkat?

Jumlah RAM minimum

Jika merujuk ke situs resmi Microsoft, persyaratan perangkat keras resmi untuk Windows 11 mengharuskan RAM minimal 4 GB. Secara teknis, kalian bisa mengabaikan syarat yang satu ini tapi nantinya akan berdampak ke pengalaman penggunaan yang kurang baik.

Sedangkan untuk rekomendasi dari Microsoft sendiri, mereka menyarankan penggunaan RAM sebesar 8GB untuk penggunaan harian. Sedangkan untuk pekerjaan yang condong ke penggunaan multitasking atau gaming memiliki rekomendasi 16GB.

Seberapa besar penggunaan RAM Windows 11 saat idle?

Dalam beberapa pengujian yang dilakukan oleh tim Tek.id, saat melakukan instalasi Windows 11 dari awal, penggunaan RAM saat idle berkisar antara 2GB bahkan hingga 8GB. Besaran ini tergantung apakah kalian melakukan clean installation tanpa ada aplikasi bloatware dari vendor perangkat yang atau sebaliknya.

Besarnya penggunaan RAM ini dikarenakan setelah instalasi Windows 11, ada beberapa aplikasi bawaan dari Microsoft sendiri, seperti Teams, One Drive, dan beberapa aplikasi lain yang terpasang secara otomatis dan langsung berjalan saat kalian menyalakan perangkat kalian.

Di sisi lain, Windows 11 juta memiliki layanan bernama SysMain (sebelumnya Superfetch) yang mengoptimalkan kinerja PC kalian. Layanan ini akan sering mengambil sebagian memori sistem kalian yang tidak diperlukan di tempat lain. 

SysMain memuat terlebih dahulu aplikasi dan file yang sering digunakan ke dalam RAM. Berkat SysMain, setelah kalian meluncurkan program yang telah dibuka sebelumnya, program tersebut dapat dibuka lebih cepat karena telah di-cache ke dalam RAM kalian.

Teknologi yang satu ini menurut kami merupakan tambahan yang bagus untuk perangkat kalian. Artinya, aplikasi yang paling mungkin kalian gunakan akan siap digunakan saat kalian menginginkannya. Namun, jika RAM dibutuhkan di tempat lain, Windows akan mengosongkan cache SysMain dan mengalokasikan memori sesuai kebutuhan. 

Ini berarti kalian tidak akan mengalami situasi di mana Anda tidak dapat menjalankan game atau aplikasi karena terlalu banyak RAM yang digunakan oleh SysMain, setidaknya jika kalian tidak memiliki kapasitas RAM yang terlalu kecil.

SysMain berperan dalam mengapa kalian mungkin mendapati penggunaan RAM yang tidak aktif mencapai setengah dari total memori di Windows 11. Dan hal ini juga menjelaskan mengapa tidak ada angka universal untuk berapa banyak RAM yang digunakan Windows 11. Windows 11 akan menggunakan lebih banyak RAM jika ada lebih banyak RAM yang tersedia.

Pada komputer dengan RAM 8GB, Windows 11 akan menggunakan antara 2GB hingga 4GB atau lebih. Sedangkan untuk perangkat dengan RAM 32GB, angka tersebut terkadang dapat mencapai 8GB hingga 10GB.

Cara mengecek penggunaan RAM

Untuk memeriksa penggunaan RAM, kalian bisa masuk ke aplikasi Task Manager. Kalian bisa melakukannya dengan mengklik kanan pada bilah tugas dan memilih Task Manager, atau dengan menekan Ctrl + Alt + Delete lalu memilih Task Manager pada layar kunci Windows.

Di sini, kalian dapat memeriksa memeriksa penggunaan RAM dengan beberapa cara berbeda. Pendekatan termudah adalah dengan membuka tab Performance di sebelah kiri, lalu pilih Memori . Ini akan memberi Anda gambaran umum tentang total RAM, kecepatannya, dan seberapa banyak RAM yang sedang digunakan.

Bagaimana cara mengurangi penggunaan RAM dimulai dari saat menyalakan perangkat?

Kalian dapat menghemat penggunaan RAM dimulai dari menyalakan perangkat dengan beberapa langkah mudah. Salah satunya adalah dengan merestriksi aplikasi mana saja yang boleh langsung menyala ketika kita masuk ke OS.

Caranya, kalian bukan Task Manager, lalu pilih Startups Apps. Di sini, kalian bisa melihat aplikasi mana saja yang dapat secara otomatis terbuka saat OS kalian dimulai. Beberapa aplikasi seperti Teams, Mobile Link, OneDrive, dapat kalian matikan jika memang tidak kalian perlukan.

Untuk langkah yang lebih ekstrim, kalian bisa juga melakukan proses uninstall aplikasi yang kalian tidak butuhkan yang terinstall secara otomatis saat memasang Windows 11 di perangkat. Bukan hanya dapat mengurangi penggunaan RAM, kalian juga dapat menghemat penyimpanan internal kalian.

Apakah Windows 11 menggunakan RAM lebih banyak dari Windows 10?

Secara singkat, jawabannya adalah iya. Windows 10 memiliki persyaratan RAM minimal 1GB untuk versi 32 bit dan 2GB untuk versi 64 bit. Tentunya, rekomendasi minimal ini hanya setengah atau lebih dari persyaratan untuk menjalankan Windows 11.

Tap kembali lagi, dengan fitur yang lebih beragam, baik dari sisi optimalisasi dan keamanan, Windows 11 membutuhkan RAM yang lebih banyak. Tapi, dengan begitu, kalian akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik saat menggunakan perangkat kalian dan lebih aman.

Share
×
tekid
back to top