sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id advo
Sabtu, 21 Mar 2020 08:37 WIB

Jumlah pengiriman smartphone Xiaomi kalahkan Huawei

Huawei harus merelakan posisinya karena hanya mampu mengirimkan 5,5 juta smartphone. Sementara Xiaomi berhasil mengirimkan 6 juta smartphone pada Februari lalu

Jumlah pengiriman smartphone Xiaomi kalahkan Huawei

Xiaomi dilaporkan berhasil menyalip Huawei sebagai salah satu produsen smartphone dengan jumlah pengiriman terbnayak pada Februari 2020 ini. Karena hal itu, Huawei mesti merelakan posisi ketiganya diambil alih oleh Xiaomi. Ini merupakan pertama kalinya Xiaomi berhasil mengungguli Huawei. 

Untuk diketahui, Huawei harus merelakan posisinya karena hanya mampu mengirimkan 5,5 juta smartphone. Sementara Xiaomi berhasil mengirimkan 6 juta smartphone pada Februari lalu. Sebenarnya kedua perusahaan ini mengalami penurunan pengiriman jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Di Januari 2020, Huawei berhasil mengirimkan 12,2 juta unit smartphone, sementara Xiaomi hanya berhasil mengirimkan 10 juta unit saja. 

Dilansir dari GSMArena (21/3), berdasarkan data Strategy Analytics, jumlah pengiriman ini diketahui juga menurun cukup drastis bila dibandingkan dengan Februari tahun sebelumnya. Huawei mengalami penurunan sebanyak 70% dibandingkan tahun lalu, sedangkan Xiaomi juga mengalami penurunan sebesar 30% dibandingkan tahun lalu. Peurunan pengiriman smartphone juga terjadi secara global. Setidaknya di bulan kedua tahun ini, hanya ada 62 juta unit smartphone saja yang berhasil dikirimkan. Jumlahnya menurun sebanyak 39% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

Bukan rahasia lagi kalau Huawei akan mengalami penurunan. Semenjak tidak bisa menggunakan layanan Google, Huawei sudah memprediksi bahwa perusahaannya akan mengalami masa sulit di tahun 2020. Kala itu, Eric Xu salah satu petinggi perusahaan Tiongkok tersebut menyatakan bahwa Huawei tidak akan tumbuh secepat tahun-tahun sebelumnya. 

Keadaan itu juga diperparah dengan menyebarnya COVID-19 yang menghantam pasar Tiongkok dengan cukup keras. Kendati begitu, Xiaomi tetap menghadirkan smartphone dengan harga bersaing dengan beberapa merek berbeda. 

Di samping itu semua, Samsung tetap menempati posisi pertama dengan jumlah pengiriman sebanyak 18,2 juta unit smartphone, disusul Apple dengan total pegiriman 10,2 juta unit di Februari 2020 ini. Sementara di posisi kelima dan keenam ada Oppo dan Vivo dengan masing-masing jumlah pengiriman sebanyak 4 juta dan 3,6 juta smartphone di Februari 2020. 

Share
×
tekid
back to top