sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
Jumat, 29 Nov 2019 10:35 WIB

Jony Ive resmi keluar dari Apple

Ive bergabung dengan Apple pada 1992 silam. Kendati sekarang menjadi salah satu petinggi, ia sendiri mengawali masa di Apple dengan sulit.

Jony Ive resmi keluar dari Apple
Source: Apple

Siapa tidak kenal Jony Ive. Hampir semua desain produk Apple yang ada saat ini merupakan hasil rancangannya. Nah, baru-baru ini desainer kondang itu menghilang dari daftar jajaran petinggi Apple. Hal ini menandakan berakhirnya kiprah Jony Ive sebagai salah satu pimpinan di perusahaan tersebut. 

Ive bergabung dengan Apple pada 1992 silam. Kendati sekarang menjadi salah satu petinggi, ia sendiri mengawali masa sulit di Apple. Desain besar pertamanya, Apple Newton MP dan MessagePad 110 tidak berhasil menembus pasar. Ia bahkan pernah memutuskan untuk berhenti dari perusahaan tersebut. 

Namun Steve Jobs, yang akhirnya kembali ke Apple meyakinkan Ive untuk mengubah haluan perusahaan. Tidak hanya itu, Jon Rubinstein, yang saat itu menjadi bos Ive juga mempertahankannya. 

Ive sendiri naik menjadi Senior Vice President of Industrial Design pada 1997. Ia lah yang bertanggung jawab untuk mengembangkan desain iMac. Kemudian iPod, iPad dan tentunya iPhone. Ive juga menjadi sosok dibalik tampilan Apple Watch saat ini. 

Karya Ive tidak terbatas pada perangkat teknologi milik Apple saja. Ia juga turut mengembangkan iOS. Ketika Apple meluncurkan iOS 7, Ive sudah didapuk menjadi Senior Vice President of Design. Ia juga turut merancang Apple Park dan Apple Store. Tahun 2015, ia menjadi CDO (Chief Design Officer) yang membuatnya menjadi salah satu dari tiga orang yang memegang posisi tertinggi di Apple. 

Masa-masa terakhir Jony Ive di Apple sampai saat ini masih menjadi misteri. Sebelumnya pada Juni lalu, sebuah rilis mengumumkan bahwa Jony Ive akan hengkang dari Apple “dalam beberapa waktu di tahun ini.” 

Saat ini, Apple akan menjadi rekan dari perusahaan desain yang didirikan Ive, LoveFrom. Perusahaan ini didirikan Ive bersama dengan koleganya, Marc Newson. 

“Apple akan tetap menerima manfaat dari bakat Jony dengan bekerja langsung dengannya untuk proyek-proyek eksklusif dan melalui kerjasama berkelanjutan dari tim desain brilian dan bersemangat yang telah ia bangun.” ungkap CEO Apple, Tim Cook, seperti dilansir dari TheVerge (29/11). 

Share
×
img
×
tekid
back to top