sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id qnap
Jumat, 19 Jun 2020 08:58 WIB

Jangan sepelekan fitur pelindung mata pada smartphone

Untuk mengurangi risiko mata lelah akibat melihat layar smartphone terlalu lama, Anda hanya harus mengaktifkan beberapa fitur pada smartphone Anda.

Jangan sepelekan fitur pelindung mata pada smartphone

Hubungan manusia dengan perangkat pintar atau smartphone memang semakin tidak bisa dipisahkan. Hal ini dikarenakan smartphone bisa memenuhi kebutuhan digital pengguna saat ini. Mulai dari mendapatkan informasi, berkomunikasi, melakukan transaksi keuangan, sampai menikmati konten hiburan.

Namun, menggunakan smartphone untuk beraktivitas seharian ternyata memiliki dampak yang kurang baik bagi anggota tubuh. Salah satu yang mudah terserang lelah adalah mata, biasanya sering terjadi ketika pengguna menatap layar smartphone cukup lama.

Oleh karena itu, beberapa vendor seperti Oppo memikirkan cara untuk mengurangi dampak tersebut. Oppo memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan untuk mengurangi potensi mata cepat lelah. Beberapa fitur yang disematkan pada smartphone Oppo A92 ini bisa kamu coba untuk mengurangi risiko mata lelah ya Sahabat Tek.

Oppo Eye Care

Fitur yang terdapat pada ColorOS 7.1 ini memang disiapkan untuk mengurangi masalah yang sering ditimbulkan akibat kelelahan saat menatap layar smartphone terlalu lama. Fitur ini bekerja dengan cara mengurangi intensitas cahaya biru pada layar smartphone. Perlu diketahui, penyebab utama mata cepat lelah adalah banyaknya paparan cahaya biru yang masuk ke mata.

Jika fitur ini diaktifkan, maka layar pada smartphone Oppo akan mengurangi intensitas cahaya biru dengan meningkatkan penggunaan cahaya kuning pada layar. Cahaya kuning diklaim memiliki efek yang membuat mata lebih rileks dibanding dengan efek cahaya biru yang diterima mata.

TUV Rheinland

Oppo A92 juga mengantungi sertifikasi pelindung mata dari TÜV Rheinland. Perangkat Oppo A92 mendapatkan sertifikasi ini karena dapat secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar yang optimal berdasarkan cahaya di sekitar.

Hal ini dapat mengurangi efek ketegangan mata ketika melihat layar dengan tingkat kecerahan yang terlalu tinggi. Fitur ini dapat mengurangi tingkat kecerahan layar ketika berada pada ruangan dengan kondisi kurang cahaya, sementara perangkat akan secara otomatis meningkatkan kecerahan layar ketika berada pada kondisi cahaya berlebih.

Suhu warna layar

Sebenarnya ada satu fitur lagi yang bisa Anda gunakan pada smartphone Oppo A92 untuk mengurangi ketegangan pada mata. Yaitu dengan mengatur suhu warna pada layar. Sebagian pengguna mungkin tidak akan terlalu sering menyentuh fitur ini karena akan mengubah warna pada tampilan default layar. Utamanya karena akan mengubah layar menjadi kuning atau kebiruan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, salah satu faktor yang bisa membuat mata cepat tegang adalah paparan cahaya biru yang berlebih. Dengan mengubah layar menjadi kekuningan Anda sudah mengurangi risiko tersebut.

Jika Anda juga tidak ingin melihat layar kekuningan kala beraktivitas, Anda bisa mengatur kapan harus membuat layar menjadi kekuningan. Kami biasanya mulai mengaktifkan fitur ini mulai dari matahari tenggelam hingga terbit kembali.

Dengan mengoptimalkan fitur-fitur tersebut, pengguna Oppo A92 rasanya bisa meminimalisir ketegangan mata akibat menatap smartphone terlalu lama. Selain mengoptimalkan fitur tersebut, ada baiknya Anda juga mengistirahatkan mata secara berkala.

Editor
Share
back to top