sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id praxis
Minggu, 29 Mar 2020 11:30 WIB

Jajaran Mac terbaru akan gunakan ARM dan USB 4.0

Dalam sebuah laporan terbaru, Ming-Chi Kuo mengatakan bahwa Apple akan menggunakan prosesor ARM dan USB 4.0 untuk jajaran Mac terbaru di 2021.

Jajaran Mac terbaru akan gunakan ARM dan USB 4.0

Analis kenamaan Ming-Chi Kuo kembali membuat dugaan baru mengenai produk terbaru Apple. Kali ini, dia memperkirakan akan ada model baru dengan teknologi khusus untuk jajaran Mac mereka di 2021 mendatang.

Seperti diketahui, Kuo sebelumnya mengklaim bahwa Apple akan meluncurkan MacBook berbasis ARM pada Q4 2020 atau Q1 2021. Dia mencatat bahwa menggunakan prosesor ARM akan memberikan keunggulan yang signifikan bagi Apple dalam hal kinerja, dan kontrol atas jajaran produknya. 

Tanpa ketergantungan pada ketersediaan prosesor Intel atau berurusan dengan penundaannya, Apple akan dapat mengurangi biaya prosesor hingga 40 hingga 60 persen. Mempertimbangkan fakta bahwa prosesor A-series di iPad sudah lebih cepat daripada kebanyakan prosesor Intel di laptop dan desktop di luar sana, Apple akan dapat memberikan manfaat kinerja luar biasa bagi pengguna, serta efisiensi baterai.

Wccftech (29/3/2020) juga menyatakan bahwa catatan Kuo juga menyebutkan bahwa Apple akan pindah ke USB 4.0 ketika meluncurkan Mac berbasis ARM. USB 4.0 akan mendukung kecepatan transfer hingga 40 Gbps dan memungkinkan pengguna untuk menghubungkan dua monitor 4K melalui satu kabel.

USB 4.0 adalah upaya Intel untuk menyatukan standar Thunderbolt 4 dan USB, untuk menciptakan standar bebas royalti. Diharapkan bahwa USB 4.0 akan memungkinkan aksesori yang lebih murah yang mendukung konektivitas Thunderbolt 4, yang akan menjadi pendorong utama bagi industri secara keseluruhan.

Meskipun memiliki rencana untuk pindah ke ARM, Apple baru-baru ini memperbarui jajaran MacBook Air 13 inci dengan prosesor Intel generasi ke-10. Ini berarti bahwa Apple mungkin mendukung kedua arsitektur untuk sementara waktu sebelum benar-benar pindah ke ARM.

Akan tetapi, untuk mewujudkan keinginan mereka, ada pekerjaan rumah yang sangat besar untuk dikerjakan Apple. Mereka harus mencari cara untuk membuat OS mereka dapat berjalan di prosesor ARM.

Seperti diketahui, Microsoft telah berjuang selama kurang lebih satu dekade terakhir untuk menyempurnakan OS mereka untuk dapat berjalan di prosesor ARM. Sayang, hingga saat ini masih belum ada kabar baik dari usaha mereka tersebut.

Share
back to top