Jajal fitur pemblokir suara (ANC) Jabra Elite 85h di MRT

Jabra baru saja mengenalkan headphone dengan fitur ANC agar pengguna tidak terganggu oleh suara sekitar. Inilah pengalaman saya menjajal fitur tersebut saat naik MRT.

Jajal fitur pemblokir suara (ANC) Jabra Elite 85h di MRT

Dewasa ini sudah banyak cara untuk mendengarkan musik, baik dengan cara streaming melalui aplikasi seperti Spotify, atau mendengarkan secara offline yang mana lagu-lagu favorit sudah tersimpan di dalam memori smartphone.

Tetapi earphone yang hadir bersama paket penjualan ponsel memiliki kualitas suara yang tidak terlalu baik. Memang, membeli ponsel flagship akan mendapatkan earphone berkualitas baik, tetapi ia belum tentu dapat meredam suara bising di sekitar pendengar.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Audio-Technica bawa 6 headphone baru ke Indonesia

Earphone nirkabel Audio Technica punya driver besar demi akurasi suara

Prosesor mutakhir di earphone Sony WF-1000XM3 bikin suara jernih


Hari ini (27/6), Jabra meluncurkan headphone Elite 85h dengan salah satu fitur andalannya adalah Active Noise Cancelling (ANC) agar dapat membungkam suara sekitar agar alunan musik tidak terganggu oleh apapun.

“Infrastruktur saat ini sudah maju, salah satunya adalah MRT. Fitur ANC pada headphone Jabra Elite 85h dapat menghilangkan suara bising ketika naik MRT agar pengalaman mendengarkan musik lebih baik,” kata Country Sales Manager Consumer Jabra, Louis Sudarso.

Untuk mendeteksi suara bising di sekitar pengguna, Elite 85h mengantungi 8 buah mikrofon agar mendapatkan tingkat kebisingan. Headphone ini masuk ke dalam tipe nirkabel dengan bantuan koneksi teknologi Bluetooth 5.0. Louis menjelaskan, unit ini dapat terhubung ke dua buah perangkat pintar sekaligus agar kamu lebih mudah mengakses Elite 85h tanpa melakukan pairing ulang saat ingin berganti perangkat.

Dengan daya tahan baterai selama 36 jam, kamu dapat menggunakan headphone anyar dari Jabra lebih dari sehari penuh sebelum mengisi ulang baterainya kembali. Oiya, daya tahan tersebut sudah termasuk penggunaan fitur ANC aktif. Tetapi Jabra tidak menginformasikan berapa lama daya tahan baterai ketika mendengarkan musik tanpa fitur ANC, mestinya akan lebih panjang.

Perusahaan yang bermarkas di Denmark tersebut juga menghadirkan aplikasi Jabra Sound+ yang dapat dikombinasikan dengan Elite 85h. Salah satu fitur andalan aplikasi ini adalah SmartSound yang mampu mempelajari keadaan sekitar, dan menerapkannya pada Elite 85h.

Contoh, ketika kamu sedang berada di dalam MRT, maka headphone akan mengaktifkan ANC agar tidak terganggu dengan suara deruan roda kereta dan rel. Jika kamu sedang berjalan di pinggir jalan, maka headphone akan mengaktifkan fitur HearTrough agar kamu lebih waspada saat ada kendaraan mendekat.

Kebetulan saya sempat menjajal fitur ANC Jabra Elite 85h dan berjalan-jalan menggunakan MRT. Sebelumnya, saya ingin menjelaskan sedikit terkait akses tombol dan desain headphone. Ia memiliki rancang bangun around-ear sehingga telinga tertutup dengan unit driver. Bantalan telinga terbuat terbuat dari bahan empuk. Meskipun saya tidak berkacamata, saya yakin bantalan tetap terasa nyaman jika kamu orang yang berkacamata.

Saat dalam stasiun MRT Bundaran HI, ANC berhasil memblokir suara sekitar dengan cukup signifikan. Sebelum masuk ke stasiun, suara mesin kendaraan di pinggir jalan cukup diredam dengan baik, tetapi tidak dengan suara klakson. Setelah di dalam kereta, suara deruan yang dikeluarkan oleh kereta secara signifikan dapat diredam. Meski demikian, suara speaker di dalam kereta yang menginformasikan lokasi-lokasi stasiun tetap terdengar.

Suara yang awalnya masih terdengar meski fitur ANC aktif, semuanya sirna ketika saya menyalakan musik. Jadi intinya, fitur tersebut berhasil melakukan optimasi suara musik dengan cara menghilangkan suara yang tidak diinginkan.

Fitur SmartSound cukup akurat mendeteksi lokasi saya berada (seperti sedang di dalam MRT atau sedang mengantri tiket), namun fitur tersebut memerlukan waktu cukup lama agar dapat mendeteksi dengan benar. Louis menjelaskan, hal itu terjadi karena headphone baru pertama kali digunakan ke luar tempat umum, dengan demikian AI memerlukan waktu lebih panjang.

Setelah teknologi AI sudah mempelajari kebiasaan pengguna, maka fitur SmartSound akan membutuhkan waktu singkat untuk mendeteksi lokasi. Untuk harganya, Jabra membanderol headphone Elite 85h dengan harga Rp3.990.000.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: