sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id synologi
Selasa, 15 Jun 2021 12:26 WIB

Jaguar Land Rover uji sel bahan bakar hidrogen di SUV Defender

Selain menargetkan emisi nol persen pada 2036, Jaguar juga berharap untuk mencapai emisi nol karbon di seluruh rantai pasokan.

Jaguar Land Rover uji sel bahan bakar hidrogen di SUV Defender
Source: Jaguar Land Rover

Demi mendukung lingkungan yang lebih hijau, Jaguar Land Rover ingin mencapai nol emisi pada tahun 2036. Salah satu langkah yang diambil untuk mewujudkan inisiatif itu adalah mengembangkan Defender bertenaga sel bahan bakar hidrogen. Pabrikan mobil tersebut sedang mengembangkan purwarupa dan berencana untuk mulai menguji versi tanpa emisi dari SUV ikoniknya menjelang akhir tahun ini di Inggris.

Sel bahan bakar hidrogen dapat memberi daya pada kendaraan dengan menggabungkan hidrogen dan oksigen untuk menghasilkan listrik, dengan hanya air sebagai emisi. Jaguar menjelaskan sel bahan hidrogen ini memungkinkan pengisian bahan bakar yang cepat dan memiliki kepadatan energi yang tinggi. Dengan demikian, teknologi ini ideal untuk kendaraan besar dan jarak jauh. Selain itu, kendaraan dengan sel bahan bakar bekerja dengan baik di lingkungan yang dingin.

Dilansir dari Engadget (15/6), pengembangan kendaraan yang sedang dilakukan oleh Jaguar disebut ‘Project Zeus’. Sebagian didanai oleh Pusat Propulsi Lanjutan yang didukung pemerintah Inggris, prakarsa ini akan memberi para insinyur perusahaan informasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan kendaraan sel bahan bakar yang dapat memberikan performa dan kemampuan yang sama, seperti jangkauan dan off-road.

Selain menargetkan emisi nol persen pada tahun 2036, Jaguar juga berharap untuk mencapai emisi nol karbon di seluruh rantai pasokan, produk dan operasinya pada tahun 2039. Kedua tujuan tersebut merupakan bagian dari strategi ‘Reimagine’ yang diumumkan pada bulan Februari ketika pabrikan mobil ini mengungkapkan mereka akan membangun mobil listrik mulai tahun 2025.

“Kami tahu hidrogen memiliki peran dalam campuran powertrain masa depan di seluruh industri transportasi, dan di samping kendaraan listrik baterai, hidrogen menawarkan solusi emisi knalpot nol lainnya untuk kemampuan dan persyaratan spesifik dari jajaran kendaraan kelas dunia Jaguar Land Rover. Pekerjaan yang dilakukan bersama mitra di Project Zeus akan membantu kami dalam perjalanan menjadi bisnis nol karbon pada tahun 2039, saat ini kami mempersiapkan generasi berikutnya dari kendaraan tanpa emisi knalpot,"  kata Head of Hydrogen and Fuel Cells Jaguar Land Rover, Ralph Clague.

Share
×
tekid
back to top