Jack Ma resmi mundur dari Alibaba Group

Jack Ma secara resmi mengumumkan pengunduran dirinya dari kursi chairman Alibaba Group. Posisinya kini digantikan oleh Daniel Zhang, CEO Alibaba saat ini.

Jack Ma resmi mundur dari Alibaba Group Jack Ma

Jack Ma secara resmi menyatakan mundur dari jabatannya sebagai chairman Alibaba Group hari ini. Posisinya akan digantikan oleh CEO Alibaba saat ini, Daniel Zhang. Pergantian ini sebenarnya sudah diberitahukan sejak tahun lalu. 

Ma dilaporkan masih akan berada di jajaran Alibaba sampai pertemuan tahunan dengan para pemilik sahamnya. Pertemuan itu dijadwalkan akan berlangsung tahun depan. Ia juga masih menjadi bagian dari Alibaba Partnership, grup yang berisi para senior dari Alibaba Group dan afiliasinya.


berita tentang tek.id

BACA JUGA

Daniel Zhang akan gantikan posisi Jack Ma di Alibaba

Jack Ma segera pensiun dari Alibaba

5 tips jadi pengusaha ala Jack Ma


Sebelumnya, dalam sebuah pengumuman yang ia buat tahun lalu, Jack Ma mengatakan pengunduran dirinya dari Alibaba Group akan dilakukan secara bertahap. 

“Satu hal yang bisa saya janjikan pada semua orang saat ini adalah: Alibaba tidak selalu mengenai Jack Ma, tetapi Jack Ma akan selalu menjadi milik Alibaba.” ujarnya saat itu. 

Sekilas mengenai Jack Ma, pria kelahiran 1964 ini mendirikan Alibaba Group pada 1999 bersama dengan 17 orang yang terdiri dari teman dan para muridnya. Ma sendiri awalnya berprofesi sebagai seorang guru bahasa Inggris. Bahkan sampai saat ini, ia kerap disapa “Teacher Ma” karena latar belakang profesinya tersebut. Dengan ALibaba Group, karirnya sebagai seorang pebisnis langsung melejit. Pada pertengahan tahun 2019 lalu, Forbes mencatat jumlah kekayaan Jack Ma saat itu bernilai USD35,6 miliar. 

Jack Ma akhirnya mundur dari posisinya sebagai CEO Alibaba pada 2013. Saat itu ia digantikan oleh Jonathan Lu. Jack Ma kemudian menjabat sebagai chairman Alibaba Group. Tahun 2015, jabatan CEO Alibaba berpindah ke tangan Daniel Zhang, orang yang saat ini menggantikan Jack Ma sebagai chairman. 

Untuk diketahui saat ini Alibaba sedang mengalami penurunan pangsa pasar setelah beberapa tahun lalu berkembang pesat di Tiongkok. Saat ini pasar retail online di Tiongkok banyak diwarnai oleh pemain baru, salah satunya adalah Pinduoduo. TechCrunch (10/9) melaporkan bahwa perusahaan ini memperoleh keuntungan dengan berfokus pada penjualan di kota-kota kecil, salah satu pasar penting bagi bisnis internet. 

Satu hal yang menarik dari mundurnya Jack Ma sebagai chairman Alibaba adalah waktunya yang bertepatan dengan hari guru di Tiongkok. Jack Ma menyatakan setelah ini ia akan mendedikasikan waktunya untuk menjadi filantropi di dunia pendidikan. 

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: