sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id synologi
Senin, 18 Okt 2021 15:25 WIB

IPX4 memang tahan air, tapi tidak untuk direndam

Selama ini banyak pengguna yang salah kaprah terkait rating IP pada smartphone. Di mana tidak semua smartphone yang memiliki sertifikasi IP dapat direndam di bawah air.

IPX4 memang tahan air, tapi tidak untuk direndam

Kamu pasti sudah tidak asing ketika melihat ponsel dengan label IP yang diikuti oleh angka. Ini mengacu kepada seberapa unggul perangkat tersebut ketika menahan air maupun debu. IP sendiri merupakan singkatan dari Ingress Protection. Agar perangkat memperoleh tingkat IP, pabrikan smartphone harus melengkapi perangkatnya dengan penutup dan pelindung di berbagai port dan jack headphone.

Masih seputar IP, Angka pertama pada IP yang memiliki dua angka (seperti IP54) menunjukkan tingkat perlindungan terhadap objek padat, termasuk debu. Sedangkan angka kedua menunjukkan ketahanan perangkat tersebut terhadap air. Di sisi lain, terkadang sertifikasi IP tertulis ‘X’ pada salah satu angka, utamanya di depan. Ini berarti perangkat tersebut hanya memiliki satu tipe perlindungan.

Jika angka kedua mengusung nilai ‘1’, maka sebuah perangkat akan terlindung dari kondensasi atau tetesan air yang jatuh secara vertikal. Sedangkan jika angka kedua memiliki tingkat IP ‘2’, maka perangkat ini akan terlindung dari semprotan air saat dimiringkan vertikal hingga 15 derajat. Pada tingkat IPX3, maka sebuah ponsel memiliki ketahanan dari semprotan air saat dimiringkan vertikal hingga 60 derajat.

Seperti pada ponsel OPPO A16 yang hadir dengan sertifikasi IPX4. Artinya, meskipun hadir dari kelas entry-level, perangkat ini tahan air. Dengan sertifikasi ketahanan air tingkat 4, maka OPPO A16 mampu bertahan dari percikan air dari sudut manapun. Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir ponsel akan rusak ketika ada percikan air yang mengenai perangkat kamu dari berbagai sudut.

Namun perlu diingat, perangkat dengan rating IPX4 tidak dirancang untuk digunakan di dalam air. Jadi pengguna tetap harus memerhatikan saat menggunakannya. Idealnya, perangkat dengan rating IPX4 seperti OPPO A16 ini masih andal dipakai untuk mengambil konten di kolam renang atau air terjun, selama tidak digunakan untuk mengambil foto atau video di bawah air.

Dengan sertifikasi IPX4, OPPO A16 juga dapat digunakan memotret ketika cuaca gerimis, dengan mendandalkan konfigurasi tiga kamera utama yang terdiri dari kamera utama 13 MP, kamera depth sensor 2 MP, dan kamera makro 2 MP. Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 8 MP.

OPPO A16 memiliki kapasitas baterai besar 5.000 mAh. Ini memungkinkan penggunaan 34 jam panggilan atau 21,02 jam pemutaran video YouTube berkelanjutan. OPPO juga memberikan serangkaian perlindungan, termasuk overcharge dan over-discharge, untuk menghindari pengisian daya dengan arus berlebihan.

OPPO A16 bisa didapatkan di OPPO Official Store dan beberapa ecommerce terkemuka. Perangkat ini dibanderol Rp1,9 jutaan untuk varian dengan Ram 3GB dan ROM 32GB dan Rp2,4 jutaan untuk varian dengan RAM 4GB dan ROM 64GB.

Tag
Editor
Share
×
tekid
back to top