sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Selasa, 21 Jun 2022 13:30 WIB

iOS 16 bisa lewati CAPTCHA di situs-situs tertentu

iOS 16 akan membantu pengguna menghindari sistem anti-bot CAPTCHA yang menghalangi proses proses masuk ke situs. 

iOS 16 bisa lewati CAPTCHA di situs-situs tertentu

Ada kalanya kita merasa terganggu dengan CAPTCHA ketika sedang terburu-buru mengakses suatu situs. Untuk diketahui, CAPTCHA adalah serangkaian uji turing terotomatisasi penuh untuk membedakan manusia dan komputer. Untungnya bagi pengguna iPhone, iOS 16 yang akan datang kabarnya memiliki kemampuan untuk melewati CAPTCHA.

iOS 16 akan membantu pengguna menghindari sistem anti-bot CAPTCHA yang menghalangi proses proses masuk ke situs. Seperti dicatat oleh MacRumors (21/6), Apple selama WWDC 2022 merinci sistem Token Akses Pribadi (Private Access Token) di iOS 16, iPadOS 16, dan macOS Ventura yang dapat benar-benar melewatkan CAPTCHA untuk beberapa aplikasi dan situs web. 

Cara kerjanya, dengan mengaktifkan fitur Verifikasi Otomatis, situs pendukung akan menggunakan iCloud untuk memverifikasi ID Apple dan perangkat yang digunakan. Kemudian, sistem akan menampilkan token yang membuktikan bahwa pengguna dapat dipercaya dan bukan komputer.  

Apple memastikan perangkat tidak akan membagikan data sensitif yang ditautkan ke akun pengguna, seperti alamat email atau nomor telepon. Perusahaan juga tidak akan tahu siapa yang membuat permintaan verifikasi, sehingga tidak dapat mengikat cek ini ke penyedia tertentu. 

Sistem token dikatakan lebih menghormati privasi, karena tidak melacak alamat IP. Ini juga dapat meningkatkan aksesibilitas dengan membuat situs terverifikasi CAPTCHA dapat digunakan oleh lebih banyak penyandang disabilitas.

Yang terpenting, teknologi ini akan dengan mudah diadopsi lebih luas di luar perangkat keras Apple. Cloudflare dan Fastly misalnya, berencana untuk mendukung pendekatan token, yang berpotensi membawanya ke jutaan situs web.  

Apple juga diketahui bekerja dengan Google untuk menjadikan Token Akses Pribadi sebagai standar terbuka. Meskipun belum ada kabar untuk Android, namun teknologi ini mengisyaratkan masa depan CAPTCHA yang mungkin hanya akan digunakan sedikit orang secara manual.

Share
×
tekid
back to top