sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id poco
  • partner tek.id realme
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id acer
  • partner tek.id telkomsel
Kamis, 13 Okt 2022 17:07 WIB

Indosat Ooredoo Hutchison luncurkan platform untuk digitalisasi UMKM

Kehadiran Indosat Digital Ecosystem (IDE) diharapkan akan dapat membantu percepatan transformasi digital, terutama untuk pelaku UMKM.

Indosat Ooredoo Hutchison luncurkan platform untuk digitalisasi UMKM

Ekonomi digital saat ini menjadi pusat perhatian pemerintah. Soalnya, tak dapat dipungkiri lagi para pengguna dan pelaku usaha, termasuk UMKM sudah banyak terjun ke dunia digital untuk menjual dan membeli kebutuhan mereka masing-masing.

Tapi, transformasi digital di Indonesia masih belum dapat bersaing dengan negara maju dunia. Salah satu hal yang menymbang hal tersebut adalah kurangnya literasi digital, terutama untuk pengusaha UMKM.

Melihat masalah ini, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) meluncurkan platform digital Indosat Digital Ecosystem (IDE) yang ditujukan bagi pelaku UMKM yang memberikan akses komunitas dan solusi kelas enterprise untuk mendukung transformasi digital usaha mereka.

“Kami berharap platform IDE dari Indosat Business dapat mengakselerasi pertumbuhan bisnis dan mendorong digitalisasi UMKM, seperti yang digaungkan pemerintah lewat Kementerian Koperasi dan UKM Indonesia,” kata Chief Business Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Bayu Hanantasena.

“Hal ini dikarenakan IDE menawarkan platform digital terintegrasi untuk mengakses teknologi yang dibuat khusus untuk UKM dan memungkinkan menjalankan bisnis mereka dengan lebih baik melalui hyperlocal-insight, literasi digital, dan pasar untuk mengakses produk teknologi.”

Country Director Google Cloud Indonesia, Megawaty Khie, mengapresiasi inisiasi tersebut. “Bagi UMKM, terdapat tiga hal penting yang berperan dalam meningkatkan pertumbuhan usaha mereka. Dan dengan platform ini diharapkan mereka mendapatkan hal yang dibutuhkan.”

Tiga hal penting yang disebutkan Megawaty diantaranya tools untuk memastikan kehadiran secara online, kemampuan untuk menghadirkan kerja sama yang dikustomisasi kepada pengguna ‘digital-first’ saat ini, dan keterampilan untuk mengombinasikan tools dan kemampuan agar lebih efektif. 

“Google merespons kebutuhan ini melalui berbagai inisiatif bersama pemerintah dan kelompok masyarakat setempat. Hari ini, Google Cloud berkolaborasi dengan IOH untuk mengembangkan dan meluncurkan IDE, sebuah platform lengkap yang menyediakan tools yang didukung data dan keterampilan digital yang diperlukan untuk UMKM di area metro dan non-metro untuk menjadi perusahaan yang mapan di masa depan, dalam skala yang hanya terjadi melalui penggabungan teknologi cloud dan telekomunikasi yang terdepan,” papar Megawaty.

Platform IDE menyediakan tiga fitur untuk mendukung pelaku UMKM, yaitu IDE Advisory, IDE Academy, serta IDE Marketspace. Lewat IDE Advisory, pengguna dapat meningkatkan insight global untuk mengembangkan bisnis mereka. 

Lebih lanjut, IDE juga menyediakan akses ke video dan pelatihan yang memudahkan pelaku UMKM mendapatkan kemampuan digital melalui fitur IDE Academy. Sementara untuk memperluas jejaring bisnis, relasi, dan kesempatan untuk cross-promotion, IDE menyediakan fitur Marketspace sebagai ruang komunitas pelaku UMKM.

IDE menawarkan solusi yang berakar dari tantangan yang dialami pelaku UMKM. Tiga fitur tersebut akan membantu UMKM lebih melibatkan pelanggan berdasarkan data, lebih sistematis dalam mengelola keuangan, dan menjalin hubungan yang kuat satu sama lain.

“IOH akan terus mengembangkan platform IDE seiring dengan kebutuhan para pelaku UMKM di Indonesia. Hal ini sejalan dengan misi kami untuk menghadirkan pengalaman digital kelas dunia, serta menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia,” tutup Bayu.

Share
×
tekid
back to top