Intel siapkan prosesor desktop generasi kesembilan irit daya

Kabarnya, Intel akan meluncurkan total 10 prosesor dari dua lini yakni, tujuh dari keluarga Intel Core dan tiga dari keluarga Pentium.

Intel siapkan prosesor desktop generasi kesembilan irit daya Prosesor Generasi 9

Intel kabarnya sedang menyiapkan prosesor desktop generasi kesembilan dengan keunggulan dalam ketahanan daya baterai. Kabarnya, mereka akan meluncurkan prosesor dengan kebutuhan daya yang bisa dibilang sama dengan prosesor mobile mereka.

Dalam sebuah bocoran, Intel kabarnya akan meluncurkan total 10 prosesor dalam dua varian. Keseluruhan prosesor ini akan hadir secepat-cepatnya pada 15 Mei mendatang, seperti bocoran yang terdapat oleh Wccftech (17/4).


BACA JUGA

TSMC siapkan teknologi 3D chipset, siap diproduksi masal 2021

TSMC siapkan teknologi 3D chipset, siap diproduksi masal 2021

AMD siapkan Ryzen APU seri 3000


Mereka akan meluncurkan total tiga prosesor di jajaran seri Pentium, yakni Pentium G5600T, Pentium G5420T,  dan Pentium G4930T. Sedangkan tujuh lagi ada di keluarga Intel Core yang meliputi Core i9-9900T, Core i7-9700T, Core i5-9600T, Core i5-9500T, Core i5-9400T, Core i3-9300T, dan Core i3-9100T.

Meskipun memiliki konsumsi daya yang rendah yakni 35W, namun semua prosesor ini masih akan menggunakan arsitektur inti 14nm ++. Sedangkan akhiran ‘T’ yang ada di belakang penamaan prosesor adalah petunjuk bahwa mereka merupakan prosesor irit daya.

Meski demikian, untuk varian i9, akan tetap menggunakan konfigurasi 8 inti dengan 16 threads. Namun, clock speed akan diturunkan hingga kecepatan 2,1GHz. Begitu juga dengan jajaran prosesor Intel Core lainnya, yang memiliki konfigurasi core dan thread yang sama, namun akan memiliki kecepatan yang jauh lebih rendah.

Sedangkan untuk jajaran pentium, keseluruhan prosesor tersebut akan memiliki dua inti dengan empat thread, kecuali untuk G4830T. Namun, kecepatan prosesor tersebut ditingkatkan ke kecepatan dasar 3.0GHz.

Sayang, soal harga hingga saat ini masih simpang siur. Belum ada kejelasan harga pasti dari ke-10 prosesor irit daya tersebut. Namun beberapa sumber mengatakan bahwa keseluruhan lini tersebut akan memiliki harga yang lebih murah dari lini normal milik Intel.

Jangan baca sendiri, bagikan artikel ini: