sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id synologi
  • partner tek.id wd
  • partner tek.id qnap
  • partner tek.id asus
  • partner tek.id benq
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id advo
  • partner tek.id praxis
  • partner tek.id acer
Kamis, 09 Jul 2020 11:10 WIB

Intel resmi perkenalkan Thunderbolt 4

Intel baru saja secara resmi memperkenalkan teknologi Thunderbolt 4, mendukung 2 layar 4K atau 1 layar 8K dan memiliki kecepatan transfer hingga 32Gbps.

Intel resmi perkenalkan Thunderbolt 4
Thunderbolt 4

Intel secara resmi mengumumkan kehadiran teknologi pengiriman data terbaru mereka, yakni Thunderbolt 4. Mereka mengklaim bahwa pembaruan ini akan membawa lebih banyak keunggulan jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Pihak Intel mengatakan, generasi baru ini menawarkan peningkatan persyaratan kinerja minimum, kemampuan yang diperluas, dan spesifikasi USB4. Inovasi-inovasi ini memungkinkan koneksi Thunderbolt untuk mendukung dua tampilan 4K.

Kemampuan ini merupakan dua kali lipat dukungan yang ditawarkan oleh koneksi Thunderbolt 3. Selain itu, para pengguna juga akan mendapatkan keuntungan dapat menjalankan layar hingga di resolusi 8K.

"Thunderbolt memberikan konsumen dengan standar konektivitas terkemuka di berbagai perangkat, membantu memajukan pengalaman komputasi dan memenuhi janji USB-C dengan kesederhanaan, kinerja, dan keandalan. Kedatangan Thunderbolt 4 menggarisbawahi bagaimana Intel memajukan ekosistem PC menuju solusi konektivitas yang benar-benar universal,” kata manajer umum Intel dari Divisi Konektivitas Klien, Jason Ziller dalam siaran pers yang diterima redaksi Tek.id (9/7).

Selain akan dapat mendukung resolusi lebih tinggi, Thunderbolt 4 juga menawarkan data PCIe pada 32 Gbps untuk kecepatan penyimpanan hingga 3.000 MBps. Tak ketinggalan, pengguna juga dapat menggunakan kabel sepanjang 2 meter tanpa harus menggunakan repeater sinyal.

Tak ketinggalan, jika pengguna masih memiliki perangkat dengan konektivitas Thunderbolt 3, mereka juga masih akan dapat menggunakannya di Thunderbolt 4. Hal ini akan sangat memudahkan para penggunanya.

Intel dikabarkan akan segera memberikan controller Thunderbolt 4 di seri 8000 saat ini. Mereka sudah mempersiapkan JHL8540 dan JHL8340 yang merupakan pengontrol host, sedangkan JHL8440 adalah pengontrol perangkat.

Sedangkan untuk dukungan secara langsung, mereka akan segera merilis teknologi ini di prosesor Intel generasi selanjutnya, yakni Tiger Lake. Diharapkan teknologi ini sudah dapat diimplementasikan akhir tahun 2020 mendatang.

Share
back to top