sun
moon
Premium Partner :
  • partner tek.id samsung
  • partner tek.id oppo
  • partner tek.id realme
Kamis, 30 Des 2021 10:12 WIB

Intel resmi jual lini bisnis SSD ke SK Hynix

Dalam sebuah pernyataan terbaru, SK Hynix mengumumkan selesainya proses akuisisi lini bisnis SSD Intel tahap pertama.

Intel resmi jual lini bisnis SSD ke SK Hynix

Intel kembali menjual salah satu lini bisnis mereka ke perusahaan lain. Setelah menjual lini bisnis modem ke Apple, kini giliran lini bisnis SSD dan NAND yang dijual ke perusahaan kompetitor.

Adalah SK Hynix yang berhasil mendapatkan lini bisnis Intel tersebut. Keduanya baru saja mengumumkan penutupan fase pertama dari penjualan bisnis tersebut, dengan dana sekitar USD 7 miliar.

Berita itu muncul setelah SK Hynix pada pekan lalu mengungkapkan bahwa akuisisi tersebut telah menyelesaikan rintangan peraturan akhir di Tiongkok. Intel juga mengumumkan SK hynix telah membentuk anak perusahaan 'Solidigm' baru untuk mengoperasikan fabrikasi dari SSD ini.

Perusahaan ini akan dipimpin oleh Rob Crooke, yang merupakan veteran di Intel. Diketahui, Crooke sebelumnya menjabat sebagai SVP dan GM dari Intel Non-Volatile Memory Solutions Group.

Tom’s Hardware (30/12) melaporkan bahwa total akuisisi ini akan memiliki harga sebesar USD 9 miliar. SK Hynix akan mendapatkan paket lengkap dari Intel, mulai dari bisnis SSD Intel, NAND IP, dan produksi wafer.

Namun, akuisisi ini akan datang dalam dua langkah. Langkah pertama dari penjualan yang selesai hari ini, termasuk mentransfer Intel Dalian fab di Tiongkok, beberapa karyawan, dan IP tertentu yang berkaitan dengan SSD berbasis NAND. Sementara tahap terakhir akan diselesaikan sampai Maret 2025.

Intel masih akan memproduksi wafer NAND di fasilitas Dalian dan akan mempertahankan beberapa desain wafer NAND serta IP manufakturnya. Namun, ketika langkah terakhir selesai pada 2025, Intel akan mentransfer karyawannya yang tersisa di departemen R&D dan ip desain nand dan manufaktur terakhir ke SK hynix. Pada titik ini, Intel juga akan berhenti memproduksi NAND di fab Dalian.

"Solidigm siap menjadi perusahaan semikonduktor besar berikutnya di dunia, yang menghadirkan peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menemukan kembali memori data dan industri penyimpanan," kata Crooke. "Kami teguh dalam komitmen kami untuk memimpin industri data dengan cara yang benar-benar dapat memicu kemajuan manusia."

Share
×
tekid
back to top